get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Bagikan 42 Alat Mesin Pertanian, Bupati Pandeglang: Jangan Pindah Tangan

Jum'at, 15 September 2023 | 12:45 WIB
header img
42 unit Alsintan dibagikan Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Guna memudahkan dan menghemat biaya operasional petani, Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui dinas pertanian bagikan 42 alat mesin pertanian (Alsintan), pada Kamis (15/9/2023) bertempat di Balai Benih (BBI) Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Dalam sambutannya, Bupati Pandeglang tegaskan Alsintan jangan sampai berpindah tangan.

Kepala Dinas Pertanian Nasir mengatakan, bantuan alsintan yang saat ini disalurkan sebanyak 42 unit yang bersumber dari APBN dan APBD. Jumlah ini kata Nasir, tersebar di 15 Kecamatan, 31 Desa dan 37 poktan.

"Ada 6 jenis alsintan yaitu traktor roda empat 12 unit, traktor roda dua 9 unit, pompa air 5 unit, hand sprayer 10 unit, combine harvester besar 1 unit, power threser 5 unit," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Irna Narulita menambahkan, bahwa bantuan Alsintan ini berasal dari dua sumber anggaran, yakni Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

"Penggunaan combine harvester misalnya, diketahui dapat menekan kehilangan hasil ketika panen sebesar kurang lebih 10%, dan waktu akan lebih efisien dalam pengolahannya dan para petani penerima bantuan alsintan selalu berperan dalam membangun pertanian yang berkelanjutan di Pandeglang," ujarnya.

Bupati Irna berpesan bantuan alsintan ini jangan sampai pindah tangan yang berada diluar pandeglang.

"Kalau sesama poktan masih wilayah pandeglang silahkan dipergunakan, yang terpenting dijaga dan dirawat," tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut