get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Geger Foto KTP Monyet Lolos Validasi SIM Card, Kok Bisa?

Selasa, 19 September 2023 | 11:20 WIB
header img
Foto KTP monyet lolos validasi Sim Card. Foto: Istimewa

MANILA, iNewsCilegon.id - Otoritas Filipina dibuat malu setelah ada unggahan viral kartu identitas dengan foto seekor monyet menjadi dokumen pendaftaran validasi kartu SIM. 

Hal ini terungkap dalam sebuah tayangan sebuah video yang diputar oleh seorang petugas polisi menggunakan kartu identitas bergambar monyet yang menyeringai. Ternyata ia berhasil mengaktifkan berbagai SIM card dengan sangat mudah.

Perlu diketahui, untuk membeli SIM card di Filipina, orang diperbolehkan menggunakan salah satu dari beberapa kartu identitas yang dikeluarkan pemerintah yang tidak memiliki biometrik .

Ketentuan ketat tadi berdasarkan undang-undang yang ditandatangani oleh Presiden Ferdinand Marcos pada Oktober 2022. Walhasil, pengguna ponsel diharuskan memberikan foto dan detail pribadi lainnya saat membeli kartu SIM baru sebagai bentuk proteksi data. Demikian dilansir iNewsCilegon.id dari Gulfnews. Selasa (19/9/2023).

Kepala Komisi Telekomunikasi Nasional Ella Lopez mengatakan, ada lebih dari 118 juta kartu SIM pascabayar dan prabayar terdaftar di Filipina. 

“Setelah batas waktu Juli ada penurunan singkat dalam keluhan yang diajukan kepada regulator oleh pengguna ponsel yang ditipu. Sejak itu, telah terjadi peningkatan tajam dengan lebih dari 45.000 laporan diajukan," jelasnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut