get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Uniknya Pembukaan Asean Games di China, Ada Manusia Raksasa hingga Kembang Api Rekayasa

Rabu, 27 September 2023 | 10:36 WIB
header img
Pembukaan Asean Games di China. Foto: Instagram

CHINA, iNewsCilegon.id - Pesta Olahraga Asia (Asean Games) adalah ajang multi-olahraga yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali, dengan atlet-atlet dari seluruh Asia dan diselenggarakan oleh Dewan Olimpiade Asia. Tahun ini, Asean Games digelar di Ghuangzhou, China, yang dibuka pada Sabtu 23 September 2023, dan akan dihelat hingga 8 Oktober 2023.

Ada banyak hal menarik dalam prosesi pembukaan Asean Games si negeri tirai bambu ini, mulai dari manusia raksasa hingga kembang api rekayasa digital.

Pertama kali dalam sejarah, Pembukaan Asean Games di Huangzhou, China, diimplementasikan dengan konsep ramah lingkungan. 

Kembang api Tradisional dan atlet pembawa api obor telah digantikan oleh teknologi Augmented Reality (AR), tampilan 3D tanpa kacamata, dan dukungan Artificial Intelligence (AI) dalam tayangan live streaming.

Inovasi kembang api digital ini mencerminkan komitmen China dalam mengurangi emisi karbon dan semangat untuk menerima inovasi.

Dalam unggahan video yang beredar dijagatmaya, netizen yang menyaksikan secara langsung di lokasi pembukaan Asean Games 2023, terpukau dengan pertunjukan pesta kembang api yang dilihatnya secara streaming di kanal YouTube, namun ketika melihat secara langsung kembang api itu tidak nampak.

Sementara itu, api obor yang biasanya dibawa oleh seorang atlet kini hanya dalam bentuk simulasi dengan ukuran raksasa setinggi gedung-gedung pencakar langin yang ada di Ghuangzhou, China.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut