get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

42 Warisan Baru Dunia Diumumkan UNESCO, Salah Satunya Ada di Indonesia

Jum'at, 29 September 2023 | 13:41 WIB
header img
The Cosmological Axis of Yogyakarta and its Historic Landmarks masuk dalam 42 Warisan baru dunia yang diumumkan UNESCO. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Pada 25 September 2023, dalam sesi rapat ke-45 Komite Warisan Dunia UNESCO, sebanyak 42 situs diumumkan sebagai warisan dunia yang baru, salah satunya ada di Indonesia.

Sebanyak 33 warisan dunia di antaranya adalah situs budaya, sedangkan sisanya adalah situs alam. 

Penambahan ini menjadikan jumlah situs warisan dunia menjadi 1.199 yang tersebar di 168 negara.

Beberapa situs yang ditambahkan antara lain adalah The Cosmological Axis of Yogyakarta and its Historic Landmarks atau Sumbu Kosmologis Yogyakarta, Indonesia, dan penanda bersejarahnya, ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), pada pertemuan Komite Warisan Dunia (World Heritage Committee/WHC) UNESCO ke-45, pada 18 September 2023 di Riyadh, Saudi Arabia. 

Dalam pertemuan tersebut, dibahas juga 53 nominasi yang terdiri dari kategori budaya, alam, dan campuran.

Sumbu Kosmologis Yogyakarta merupakan sumbu imajiner yang terbentang sepanjang 6 KM dari utara ke selatan. Sumbu filosofis ini meliputi kompleks Keraton, sejumlah bangunan bersejarah, dan monumen yang menjadi simbol pertukaran antara sistem kepercayaan dan nilai.

Sebelumnya, UNESCO telah menetapkan 5 warisan budaya Indonesia, yaitu Kompleks Candi Borobudur (1991), Kompleks Candi Prambanan (1991), Situs Prasejarah Sangiran (1996), Sistem Subak sebagai Manifestasi Filosofi Tri Hita Karana (2012), dan Tambang Batubara Ombilin, Sawahlunto (2019). 

Lantas apa saja kah ke 42 warisan baru dunia yang diumumkan UNESCO? 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut