get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Bukan Pakai Odol atau Kecap, Begini Cara Tangani Jika Tersiram Air Panas, Anti Melepuh!

Kamis, 05 Oktober 2023 | 16:22 WIB
header img
Tersiram air panas, begini cara mengatasinya. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Ada kalanya saat proses menyiapkan air panas, gelas atau wadah untuk menaruh airnya tumpah dan mengenai kulit. Kalau kulit sudah terkena air panas, siapapun auto panik dan merasa sakit. Seperti diketahui, bahwa panas bisa membuat kulit kemerahan atau bahkan melepuh jika tak segera diobati.

Hal ini juga sempat dialami oleh warganet di akun YouTube Lerik Net, dimana tangannya terkena air panas.

Meski begitu, pria ini mengatakan ia punya satu cara untuk mengatasinya, supaya kulit tidak melepuh ataupun berbekas usai tersiram air panas, yakni membalurkan satu jenis bumbu dapur ke kulit. 

Lantas, gimana sih caranya?

"Saat disentuh kayak mati rasa gitu, kulit pun terasa tebal, tapi ternyata kulit saya tidak melepuh," ungkap keterangan dalam video, dikutip iNewsCilegon.id dari YouTube Lerik Net. Kamis (5/10/2023).

Dalam video dikatakan, bumbu dapur yang ia gunakan untuk mengatasi kulit usai tersiram air panas adalah garam.

Caranya cukup balurkan kulit dengan garam sampai merata, kemudian tunggu selama 1 sampai 3 jam sampai rasa panas atau pedihnya mereda.

Pemilik akun YouTube Lerik Net juga menjelaskan, jika setelah itu kulit masih terasa sakit, kamu bisa membilasnya dengan air lalu ulangi proses membalurkan garam sekali lagi dan tinggal menunggu hingga pulih.
Perlu diketahui, garam dapat bekerja untuk menarik kadar air panas keluar dari sel-sel kulit. Proses ini dikenal pula dengan istilah osmosis. 

Selain membalurkan garam secara langsung, kamu juga bisa melarutkan garam dengan air, kemudian mencelupkan kain bersih ke dalamnya, selanjutnya mengompres kain tersebut ke area kulit yang terkena air panas.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut