get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Jadi Pengunjung ke-31, Surakarta dan Cianjur Pelajari KKPD Kota Cilegon

Minggu, 22 Oktober 2023 | 14:21 WIB
header img
Rombongan Pemkot Surakarta dan Pemkab Cianjur saat diterima Pemkot Cilegon. Pemkot Surakarta dan Pemkab Cianjur mempelajari program Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) yang sudah bergulir di Cilegon. Foto: Diskominfo Kota Cilegon

CILEGON, iNewsCilegon.id - Pemkot Cilegon kembali menerima kunjungan dari Pemkot Surakarta Jawa Tengah dan Pemkab Cianjur Jawa Barat untuk studi komparasi implementasikan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang telah dilaksanakan Pemkot Cilegon.

Pemkot Surakarta dan Cianjur merupakan daerah ke-30 dan 31 yang melakukan kunjungan ke Pemkot Cilegon terkait implementasi program KKPD, pada Jumat (20/10/2023).

Kedatangan rombongan disambut Kepala Bidang (Kabid) Perbendaharaan BPKPAD Kota Cilegon Noppy Kusuma yang didampingi Kepala Bidang Anggaran Wisnu Wahyu W beserta tim KKPD Kota Cilegon dan Muhammad Dias Safriadi selaku Account Officer Komersial Bank BJB Cilegon.

Tim Pemkot Surakarta dipimpin oleh Kepala Bidang Perbendaharaan dan Akuntansi BPKAD Kota Surakarta IKeni Yalesti Purnawansari, sementara dari Kabupaten Cianjur dipimpin oleh  Kepala BKAD R. Lusi Hasfiati.

"Kita semua bersama-sama sharing terkait pemahaman KKPD ini. Setiap daerah memiliki karakteristik dan kendala yang berbeda. Oleh karenanya  Pemkot Cilegon pun sangat intens menjalin komunikasi serta kerjasama yang baik, dan bersinergi dengan Pemerintah Pusat ( Kemendagri-red), Perbankan (Bank BJB-red) sebagai mitra pelaksanaan pembayaran KKPD agar sistem pembayaran berbasis kartu kredit dapat diimplementasikan dengan baik," kata Kabid Perbendaharaan BPKPAD Kota Cilegon Noppy Kusuma, Jumat 20 Oktober 2023.

Dijelaskan Noppy, BPKPAD merupakan leading sector dalam pengelolaan keuangan daerah yang harus mengawal implementasi KKPD.

"Kami juga akan terus berupaya mengawal KKPD ini. Disamping itu, kami juga akan mengevaluasi apa saja yang kurang dalam implementasi KKPD ini agar kedepan lebih baik, bermanfaat dan memberikan pelayanan terbaik," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BKAD Kota Surakarta R. Lusi Hasfiati menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Cilegon yang telah mengimplementasikan sistem KKPD, sehingga menjadi daerah percontohan bagi pemerintah daerah lain.

"Kami ingin belajar langsung implementasi KKPD ini di Cilegon yang telah lebih dulu melaksanakan digitalisasi pembayaran belanja uang persedian melalui KKPD, sehingga kami dapat gambaran yang jelas tentang KKPD ini, terkait mekanisme alur penatausahaan, pencatatan serta pertanggungjawabannya dalam sistem aplikasi pengelolaan keuangan daerah, begitu juga halnya dengan sharing kendala yang dihadapi serta kelebihannya dalam hal implementasi KKPD. Tujuannya tidak lain agar bisa segera diimplementasikan di daerah kami," katanya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut