get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Istighotsah hingga Aneka Lomba Meriahkan Hari Santri Nasional ke 9 di Pandeglang

Senin, 23 Oktober 2023 | 12:07 WIB
header img
Peringatan Hari santri nasional ke 9 di Kabupaten Pandeglang. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Pondok pesantren (Ponpes) merupakan sebuah tempat yang memberikan pendidikan agama bagi para santriawan dan santriwati. Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Pandeglang berkomitmen terhadap eksistensi perkembangan pondok pesantren. Salah satunya, memperingati Hari Santri Nasional (HSN) ke 9 dengan menggelar istighotsah hingga aneka lomba.

Hadir pada kegiatan ini para Kiyai, Anggota DPR RI Raden Achmd Dimyati Natakusumah, Forkopimda, Sekda Pandeglang Ali Fahmi Sumanta, Ketua MUI Pandeglang KH Jamjami Yusuf.

Ketua pelaksana HSN ke 9 Dindin Herdiansyah mengatakan, hari santri nasional tahun 2023 di Kabupaten Pandeglang diawali dengan acara Istighosah di Masjid Agung Ar-Rahman kemudian dilanjutkan dengan kegiatan berbagai lomba.

"Mulai dari gerak jalan santri, lomba mars hari santri dan lomba marhaba, kegiatan dipusatkan di alun-alun kecamatan Menes semua itu tidak lain adalah sebagai bentuk aspirasi sekaligus motivasi keberadaan santri di Kabupaten Pandeglang," jelas Dindin Herdiansyah. Minggu (22/10/2023).

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, bahwa santri di Kabupaten Pandeglang harus memiliki kualitas keilmuan agama dan komitmen yang kuat.

"Kita menginginkan santri Pandeglang memiliki kualitas keilmuan agama dan juga komitmen kebangsaan yang kuat, semoga santri Pandeglang menjadi tauladan di tengah-tengah masyarakat," hal demikian dikatakan Bupati Pandeglang Irna Narulita saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN) ke 9 tingkat Kabupaten di Alun -alun Pandeglang, Minggu (22/10).

Dijelaskan Bupati Irna, wujud komitmen dukungan pemerintah Kabupaten Pandeglang ialah dalam bentuk bantuan hibah yang diberikan kepada pondok - pondok pesantren, madrasah diniyah pendidikan Alquran, guru ngaji, juga hibah kepada ormas keagamaan Islam.

"Ini sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab pemerintah Kabupaten Pandeglang di bidang keagamaan bagi para santri yang sedang berjihad tholabul Ilmi dan membekali dirinya dengan akhlakul karimah," pungkasnya.

Bupati juga mengatakan, tema pada peringatan HSN ke 9 ini adalah "Jihad Santri Jayakan Negeri ". Kata Irna, tema ini dimaksudkan untuk mengajak para santri berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad.

"Melalui tema ini kami mengajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital," tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut