get app
inews
Aa Read Next : Kementan Bantu Pompanisasi Sawah Tadah Hujan di Banten

Inflasi Stabil: Upaya Pemprov Banten dalam Mengendalikan Harga Pangan

Rabu, 25 Oktober 2023 | 09:39 WIB
header img
Pemerintah Provinsi Banten

CILEGON,iNewsCilegon.id - Inflasi di Provinsi Banten tetap berada dalam kendali yang baik, menurut Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Provinsi Banten, Virgojanti.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada bulan September 2023, angka inflasi di Provinsi Banten secara Year on Year (y-o-y) hanya sebesar 2,04 persen.

Meskipun demikian, Virgojanti mengungkapkan bahwa masih ada beberapa komoditas pangan yang harganya berada di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Pemerintah, seperti beras, gula, dan cabai rawit.

Virgojanti menjelaskan bahwa kendali inflasi yang baik memerlukan perhatian khusus terhadap harga komoditas pangan.

Di Provinsi Banten, terdapat perbedaan harga antar Kabupaten/Kota, yang dapat memengaruhi stabilitas harga. Oleh karena itu, penanganan inflasi harus disesuaikan dengan keadaan setempat.

Pemprov Banten juga memiliki Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dapat digunakan dalam situasi darurat. Saat ini, upaya operasi pasar dan penyaluran beras SPHP sedang dilakukan untuk menjaga stabilitas harga.

Selain itu, Virgojanti meminta Tim Satgas Pangan Provinsi Banten dan Kabupaten/Kota untuk terus mengawasi distribusi beras SPHP guna mencegah penyelewengan.

Dengan kerja sama yang baik, Provinsi Banten berusaha menjaga inflasi tetap terkendali dan harga pangan tetap terjangkau bagi masyarakat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut