get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Aksi Penipuan Pinjol Gaya Baru, Modus Salah Transfer

Twitter Banting Setir Salurkan Pinjol, Benarkah?

Selasa, 31 Oktober 2023 | 10:30 WIB
header img
Elon Musk ubah twitter (X) jadi aplikasi Pinjol (Foto: Istimewa)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Baru-baru ini, pemilik twitter (X) Elon Musk mengumumkan, tengah menguji coba fitur panggilan telepon dan video di X. Terbaru, Musk juga berambisi untuk menjadikan X sebagai superapps dengan menjadi layanan keuangan (fintech) atau pinjaman online (Pinjol).

Dilansir dari TheVerge, Musk ingin X tak hanya mampu melakukan transaksi sederhana seperti transfer uang. Lebih dari itu, Musk ingin X juga bisa digunakan untuk meminjam dana layaknya platform pinjol, melayani kartu debit, penyimpanan uang, hingga transfer uang antar-negara. Dengan demikian, X akan menggantikan peran bank tradisional.

"Ketika saya mengusulkan soal pembayaran, maksud saya adalah mengakomodir semua kebutuhan keuangan pengguna," ungkap Elon Musk dikutip iNewsCilegon.id dari AndroidHeadlines. Selasa (31/10/2023).

Peralihan X menjadi layanan keuangan sepertinya melanjutkan mimpi Musk yang dibangun sejak dirinya masih menjalankan X.com yang kemudian merger dengan Confinity dan berubah menjadi PayPal.

Rencana Musk ini terbilang ambisius, sebab X saat ini dikenal sebagai platform media sosial. Namun, pakar melihat peralihan ini sangat mungkin dilakukan. 

Di China, WeChat yang tadinya berperan sebagai layanan pesan singkat akhirnya beralih menjadi superapps yang melayani media sosial dan mengakomodir pembayaran online.

CEO X Linda Yaccarino juga optimis dengan transformasi ini. Menurutnya, ada potensi bisnis yang besar jika X beralih menjadi layanan keuangan.

Terlebih, kinerja bisnis X saat ini tak terlalu 'seksi'. Sejak diakuisisi Musk, nilai Twitter anjlok hampir 66%. Namun, perlu dicatat bahwa X masih punya PR besar untuk mendapatkan lisensi dari otoritas setempat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut