get app
inews
Aa Read Next : Nikos Klouvatos, Pemegang 7 DAN Judo Berusia 92 Tahun yang Tetap Awet Muda di Kejuaraan Eropa

Lansia ini Berjuang Melawan penyakit Parkinson lewat Taekwondo

Minggu, 05 November 2023 | 06:58 WIB
header img
Gaspare LoDuca, seorang seniman Taekwondo. Sumber : thevillagesdailysun

CILEGON,iNewsCilegon.id - Kisah Inspiratif datang dari seorang lansia bernama Gaspare LoDuca yang berasal dari The Villages Taekwondo yang mengidap penyakit Parkinson. Lebih dari delapan tahun yang lalu, LoDuca bergabung dengan sekolah Taekwondo untuk menghidupkan kembali keterampilan lamanya.

Namun, dua tahun lalu, ia dihadapkan pada diagnosa yang mengguncang, Parkinson. Meskipun pertama kali terbesit untuk berhenti berlatih taekwondo, LoDuca dengan bijak memutuskan untuk tetap melanjutkan kebiasaan lamanya itu.

Menurutnya, olahraga ini membantunya untuk menjaga keseimbangan dan kekuatan tubuhnya, dan dia dengan tekun berlatih untuk menjadi yang terbaik yang bisa dia capai. Kisah LoDuca adalah bukti nyata bahwa semangat dan tekad yang kuat dapat mengalahkan segala rintangan, bahkan penyakit serius seperti Parkinson.

Taekwondo sendiri adalah seni bela diri asal Korea yang telah menarik banyak pengikut di seluruh dunia. Dikembangkan pada tahun 1940-an dan 1950-an, seni bela diri ini menonjol karena perpaduan teknik tendangan dan pukulan yang indah.

Selain menjadi sarana bela diri, taekwondo juga dikenal karena manfaatnya bagi kesehatan. Terutama bagi orang di usia tua seperti LoDuca, seni bela diri ini membantu menjaga keseimbangan, koordinasi, dan fleksibilitas tubuh.

Olahraga seperti taekwondo juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kondisi jantung. Kisah inspiratif LoDuca adalah pengingat bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulai atau melanjutkan olahraga, dan manfaat kesehatan yang diberikannya bisa dirasakan oleh siapa saja, terlepas dari usia.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut