get app
inews
Aa Read Next : Dukung Palestina, Apple hingga Disney Kompak Boikot Elon Musk

Viral hingga Jadi Idaman Kaum Hawa, Siapakah Jubir Hamas Ubu Ubaida?

Rabu, 08 November 2023 | 10:51 WIB
header img
Viral Ubu Ubaida, Jubir Hamas yang jadi idaman kaum hawa (Foto: Istimewa)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Baru-baru ini sesosok pria yang menyebut dirinya dengan nama Ubu Ubaida mendadak viral di jagat maya hingga menjadi idaman para kaum hawa. Lantas siapakah Ubu Ubaida?

Abu Obaida, dieja Abu Obayda, Abu Ubayda dan Abu Ubaydah adalah nama samaran dari seorang militan Palestina yang merupakan juru bicara Brigade Izz ad-Din al-Qassam, sayap militer organisasi politik dan militer Islam Palestina Hamas.

Nama asli Abu Obaida tidak diketahui, begitu pula sebagian besar data pribadinya. Ia hanya tampak mengenakan keffiyeh yang menutupi wajahnya. 

Pada tahun 2014, media Israel merilis foto yang diduga milik Abu Obaida dengan nama Huzaifa Samir Abdullah al-Kahloot. Namun, keabsahan foto dan nama tersebut ditolak oleh Brigade al-Qassam.

Seorang pemimpin senior yang mengatakan, bahwa Abu Obaida tidak dan tidak akan muncul di media, dan hanya sejumlah kecil orang yang tahu siapa dia sebenarnya.

Nama samaran tersebut kemungkinan besar merujuk pada Abu Ubayda ibn al-Jarrah, sahabat Nabi Muhammad dan komandan pasukan Kekhalifahan Rashidun selama Pertempuran Yarmuk dan Pengepungan Yerusalem pada abad ke-7.

Kemunculan pertama Abu Obaida adalah pada tahun 2006, ketika ia mengumumkan penangkapan tentara Israel Gilad Shalit.

Dia berbicara kepada hampir semua media dan konferensi pers, namun tidak pernah memperlihatkan wajahnya, mengikuti contoh mantan Pemimpin Al-Qassam, Imad Aqel, yang dibunuh Israel pada tahun 1993. 

Setelah penarikan Israel dari Gaza pada tahun 2005, Abu Ubaida secara resmi ditunjuk sebagai juru bicara Brigade Al-Qassam. 

Pria tersebut berasal dari kota Naalia di Gaza, yang diduduki Israel pada tahun 1948, dan sekarang tinggal di Jabalia, timur laut Gaza, menurut informasi terbatas yang bersumber dari Israel.

Rumahnya dibom beberapa kali, pada tahun 2008, 2012, 2014, dan pada perang saat ini di Gaza. Pada perang tahun 2014, dia mengumumkan penculikan tentara Israel Shaul Aron di tengah konfrontasi darat dengan pasukan Israel di Gaza.


Ubu Ubaida, Jubir Hamas yang selalu memakai Keffieyeh dalam setiap kemunculannya (Foto: Istimewa)

Abu Ubaida sebelumnya memiliki akun di Twitter, dan satu lagi di Facebook, sebelum ditutup secara sepihak oleh perusahaan media sosial Barat itu. 

Saat ini, dia mempublikasikan pesan-pesannya di situs resmi Al-Qassam dan menggunakan aplikasi Telegram dan saluran Al-Aqsa yang berafiliasi dengan Hamas untuk menyiarkan videonya yang diterbitkan ulang oleh berbagai saluran satelit dan media.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut