get app
inews
Aa Read Next : 5 Jenis Makanan ini tak Boleh di Konsumsi Bersamaan dengan Durian, Bahaya! 

Terkenal di Dunia, Benarkah Durian Musang King Berasal dari Malaysia? Cek Faktanya

Kamis, 30 November 2023 | 11:22 WIB
header img
Durian Musang King. Foto Ilustrasi: Istimewa

MALAYSIA, iNewsCilegon.id - Durian Musang King (Durio zibethinus 'Musang King') siapa yang tak mengenal nama dari raja buah-buahan yang satu ini. Anak kecil hingga orang dewasa tahu tentang nama buah berduri asal negeri jiran Malaysia yang satu ini. Namun, benarkah Musang King berasal dari Malaysia? Yuk cek faktanya berikut ini.

Dilansir iNewsCilegon dari berbagai sumber, Kamis (30/11/2023), Sejarah Durian Musang King mencakup perjalanan panjang dari hutan-hutan alami Asia Tenggara hingga menjadi ikon buah durian yang melegenda di Malaysia dan di seluruh dunia.

Meskipun masih ada perdebatan tentang asal usul sejati Durian Musang King, yang jelas varietas durian ini telah berhasil mencapai ketenaran internasional dan menjadi salah satu varietas terpopuler di dunia.

Durian Musang King memang menjadi primadona di Malaysia, tetapi asal usul yang sebenarnya berasal dari hutan-hutan yang belum terjamah di seluruh Asia Tenggara.

Sekitar tahun 1990-an di kawasan Tanah Merah di Kelantan Malaysia sempat heboh karena penemuan sebuah durian yang menghasilkan buah berkualitas. Sehingga setelah itu orang berbondong - bondong memanam buah durian Musang King ini. Dan hasilnya pun sangat menggiurkan.

Petani di Kelantan pun mulai mengidentifikasi dan membudidayakan varietas durian dengan karakteristik yang khas, yang kemudian dikenal sebagai Durian Musang King.

Pada awalnya, petani durian di Malaysia melakukan seleksi alamiah, memilih buah durian dengan rasa dan aroma yang paling istimewa untuk diperbanyak.

Seiring waktu, teknik pemuliaan selektif digunakan untuk meningkatkan kualitas Durian Musang King. Proses ini melibatkan pemilihan biji tanaman yang memiliki karakteristik yang diinginkan untuk dibiakkan lebih lanjut.

Pada tahun-tahun terakhir, Durian Musang King telah berhasil melewati batas-batas Malaysia dan menjadi primadona di pasar internasional. Kualitasnya yang premium, rasa yang unik, dan kelezatan tingginya membuatnya sangat dicari oleh konsumen di Asia Tenggara, Tiongkok, dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Namun, meskipun banyak yang setuju bahwa Durian Musang King menjadi terkenal di Malaysia, tetapi ada juga klaim dari negara-negara tetangga, terutama Thailand dan Indonesia.

Hal itu, karena beberapa varietas durian di negara-negara ini memiliki karakteristik yang mirip dengan Durian Musang King, dan hal ini memunculkan debat tentang asal usul sejati varietas ini.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut