get app
inews
Aa Read Next : Bahaya! Jangan Ngopi Pakai Gelas Kertas, Beracun

Mengenal Charlie Munger, Investor Dermawan Berharta Rp34 Triliun yang Meninggal di Usia 99 Tahun

Kamis, 30 November 2023 | 12:19 WIB
header img
Charlie Munger, investor dermawan berharta Rp34 triliun yang meninggal dunia pada usia 99 tahun pada Selasa 28 November 2023. Foto: The Wall Street Journal

CILEGON, iNewsCilegon.id – Di kalangan investor keuangan, nama Charlie Munger dikenal luas. Charlie Munger adalah kolega orang terkaya di dunia Warren Buffett yang meninggal dunia pada Selasa lalu (28/11/2023) pada usia 99 tahun. Munger pada 2023 disebut berharta Rp34 triliun.

Kemitraan Warren Buffet dan Charlie Munger menempatkan Berkshire Hathaway Inc sebagai lembaga keuangan yang konsisten di 10 besar daftar aset keuangan terbesar di dunia.

Charlie Munger dan Warren Buffett terkenal dengan konsep value investing. Konsep ini berhasil menempatkannya secara konsisten dengan kekayaan yang terus tumbuh.

Charlie Munger dan Warren Buffett benar-benar cocok satu sama lain. Termasuk dalam hal sifat dermawan.

Munger kerap menyumbangkan jutaan dollar untuk kepentingan pendidikan dan sosial.

Munger membiayai pembangunan asrama untuk 4.500 mahasiswa di Universitas California pada 2021. Asrama yang dikenal sebagai Munger Hall tersebut menelan biaya US$ 1 miliar.

Sebagaimana Warren Buffett, Charlie Munger juga berasal dari Omaha, Nebraska, Amerika Serikat. Munger lahir pada 1 Januari 1924.

Munger pernah bekerja di toko kelontong milik kakek Warren Buffett saat remaja di Omaha. Namun perkenakan Munger dan Buffett terjadi pada sebuah pesta makan pada tahun 1959.

Munger melanjutkan kuliah di Universitas Michigan. Munger kemudian menjadi ahli meteorologi di Angkatan Darat AS dalam Perang Dunia II.

Usia Perang Dunia II, pada tahun 1948, Munger berkuliah di Harvard Law School dengan gelar Sarjana Hukum. Munger lalu bekerja di sebuah perusahaan real estate di Pasadena.

Keahliannya di bidang hukum mengantarkannya mendirikan firma hukum Munger, Tolles & Olsen. Dari bidang hukum, Munger juga belajar tentang investasi keuangan.

Ia mendirikan perusahaan investasi Wheeler Munger & Co. Dari sini, Munger meyakinkan Buffett untuk menandatangani pembelian perusahaan permen asal AS, See’s Candies senilai US$25 juta pada tahun 1972.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut