get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Inovasi Sate Kepiting, Antarkan Tegal Bunder Wakili Kota Cilegon di Ajang Kampung Berkualitas

Kamis, 21 Maret 2024 | 07:40 WIB
header img
Ketua Penggerak PKK Kota Cilegon Hany Seviatry Helldy (tengah) saat memaparkan Inovasi Sate Kepiting yang mengantarkan Kelurahan Tegal Bunder Wakili Kota Cilegon di Ajang Kampung Keluarga Berkualitas. Foto: Diskominfo Kota Cilegon

CILEGON, iNews Cilegon.id – Kampung KB Asafa, Kelurahan Tegal Bunder, Kecamatan Purwakarta, kedatangan Tim Juri Verifikasi Lapangan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tingkat Provinsi Banten, Rabu 19 Maret 2024.

Tim yang terdiri dari perwakilan dinas-dinas terkait Pemprov Banten itu mendapat sambutan hangat dari sejumlah pejabat Pemkot Cilegon, di Kantor Kelurahan Tegal Bunder seperti Ketua Penggerak PKK Kota Cilegon Hany Seviatry Helldy, Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cilegon Lia Mahatma, dan pejabat lainnya. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten Rusman Efendi menyampaikan penilaian ini adalah motivasi untuk pengelola kampung KB di daerah agar dapat mengelola lebih baik lagi.

“Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka peringatah Hari Keluarga Nasional di semua jenjang, dimulai kabupaten dan kota, tingkat provinsi, sampai di tingkat nasional, dan hari ini penilaian di tingkat provinsi, dan Kapung KB Asafa inilah yang terbaik dan mewakili Kota Cilegon,” tuturnya.

Rustam juga menuturkan aspek penilaian yang dilaksanakan terdiri dari beberapa tahap. Mulai dari input, proses, output dan outcome, di mana aspek aspek ini dinilai dari kesekretariatannya sampai ke inovasi yang dijalankannya.

"Tentu semua daerah berharap mendapat nilai terbaik dalam penilaian ini. Tapi nanti kita lihat hasil akhirnya. Mudah-mudahan CIlegon mendapat seperti apa yang diharapkan," katanya. 

Sementara itu Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Cilegon Lia Mahatma menuturkan dipilihnya Kampung KB Asafa untuk mewakili Kota Cilegon karena sudah melalui tahap verifikasi. 

“Kurasi Kampung KB yang berada di Kota Cilegon telah dilaksanakan dari tahun sebelumnya, sehingga dari sembilan Kampung KB hasil verifikasi yang kami laksanakan, terpilihlah Kampung KB Asafa untuk mewakili Kota Cilegon,” ungkapnya.

“Penilaian yang dilakukan dalam Tingkat Kota Cilegon berdasarkan 31 klasifikasi dasar, dua klasifikasi mandiri dan 10 klasifikasi berkelanjutan,” sambungnya.

Lia juga berharap Kampung KB Asafa dapat mewakili Kota Cilegon di Tingkat Nasional. “Tentunya kami juga berharap hasil penilaian ini dapat menjadikan kampung KB Asafa dapat mewakili Kota Cilegon di tingkat nasional, sehingga dapat menjadi kebanggaan kita semua.” Ucapnya.

 Lurah Tegal Bunder Muhammad Rais menambahkan inovasi unggulan yang dimiliki Kampung KB Asafa antara program Sate Kepiting yang merupakan singkatan dari sayuran dan telur untuk kepedulian stanting.

"Nah, telur yang didapatkan merupakan hasil swadaya dari masyarakat. Mereka memberikan satu telur setiap kepala keluarga, dan sayuran dihasilkan dari Perkebunan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan kebun PKK untuk 10 anak stunting yang terdapat di Kelurahan Tegal Bunder," ungkapnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut