get app
inews
Aa Read Next : Bantu Operasional Masjid di Cilegon, 76 DKM Raih Bantuan Dana dari Pemkot

Program Makan Siang Gratis Mulai Diterapkan Bulan Agustus di Cilegon

Minggu, 07 Juli 2024 | 05:27 WIB
header img
Dewan Ketahanan Nasional dalam pertemuan dengan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian terkait proyek makan siang gratis. Foto: Diskominfo

CILEGON, iNews Cilegon.id – Program makan siang gratis mulai diterapkan di bulan Agustus 2024 di Cilegon.

Kota Cilegon akan jadi proyek percontohan pelaksanaan program makan siang gratis.

Hal tersebut disampaikan Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dalam pertemuan dengan Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin di Ruang Rapat Wali Kota Cilegon, pekan ini.

 “Kami butuh mempersiapkan mulai dari menyiapkan makannya, sampai penyerahan dan pendanaannya. Maka, kami bertemu Wali Kota Cilegon yang penuh inovasi,” kata Staf Khusus (Stafsus) Sekretaris Jendral (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional, Taviota Bay.

Menurut Taviota, pelaksanaan project percontohan program makan siang gratis akan dimulai awal Agustus selama sepekan dan jika pada hari ketiga sudah mampu berjalan dengan baik, maka akan ada dilakukan pemantauan pelaksanaannya langsung oleh tim dari Pusat. 

“Kami sangat menyukai banyak ide dari pak wali ini lebih mengedepankan kolaborasi, mulai dari catering sampai kantin sekolah dalam melaksanakan makan siang gratis ini, tentunya tetap diawasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam pemenuhan gizinya,” tutur Taviota. 

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyambut baik kedatangan tim Dewan Ketahanan Nasional bersama Pj Wali Kota Tangerang ke Kota Cilegon.

“Terkait dipilihnya Kota Cilegon sebagai proyek percontohan program makan siang gratis menjadi suatu kehormatan bagi kami. Kami telah memiliki bayangan mekanisme program makan siang gratis ini. Kami akan memulai dari 2 SD (Sekolah Dasar), 2 SMP (Sekolah Menengah Pertama), dan 2 Madrasah Aliyah (MA) untuk kita buatkan mekanisme, mulai dari persiapan sampai pelaksanaan,” katanya.

Helldy mengaku, pihaknya akan membuka kolaborasi antara Pemkot Cilegon, Pemkot Tangerang dan Dewan Ketahanan Nasional.

“Tentu kami membuka segala bentuk kolaborasi bersama Kota Tangerang dan Dewan Ketahanan Nasional selama itu bermanfaat untuk masyarakat Kota Cilegon,” akunya.

Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin menjelaskan bahwa pertemuan bersama Dewan Ketahanan Nasional, Pemkot Cilegon dan Pemkot Tangerang itu merupakan langkah untuk membuka ruang diskusi terkait pelaksanaan program makan siang gratis. 

“Kota Tangerang akan bergerak melibatkan TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Dalam mempersiapkan makan siang gratis ini, Kota Tangerang juga telah menyiapkan Dapur PKK yang dinaungi oleh ibu – ibu PKK,” jelasnya. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut