get app
inews
Aa Read Next : TRILOGY ARCHERY Gelar Event Panahan LATSCOBER di Kota Cilegon

Wow! Kotabumi Cilegon Jadi Kelurahan Cantik

Jum'at, 13 September 2024 | 15:19 WIB
header img
Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cilegon telah resmi memilih Kelurahan Kotabumi sebagai Desa Cantik atau Desa/Kelurahan Cinta Statistik. Foto: Diskominfo

CILEGON, iNews Cilegon.id– Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Cilegon telah resmi memilih Kelurahan Kotabumi sebagai Desa Cantik atau Desa/Kelurahan Cinta Statistik.

Proses peresmian dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cilegon Maman Mauludin di Aula Kantor Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, Kamis, 12 September 2024. 

“Program ini (Desa Cantik-red) akan melibatkan agen-agen statistik yang bertugas menghimpun dan mengolah data untuk mendukung perencanaan pembangunan kota,” kata Sekda Kota Cilegon, Maman Mauludin dalam sambutannya sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis 12 September 2024. 

Menurut Maman, pelaksanaan Desa Cantik diharapkan dapat meningkatkan akurasi alokasi anggaran dan efisiensi belanja pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Dengan data statistik yang akurat dari kelurahan, kami yakin pembangunan fisik dan sektor lainnya akan lebih tepat sasaran dan bermanfaat bagi kemajuan Kota Cilegon,” tuturnya. 

Dalam hal ini, Maman berharap agar Kelurahan Kotabumi dapat menjadi model bagi kelurahan lainnya di Cilegon dalam menerapkan program serupa. “Kami berharap Kotabumi bisa menjadi contoh bagi kelurahan lain dalam mengimplementasikan Desa Cantik untuk meningkatkan pemahaman dan pengolahan data statistik,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala BPS Kota Cilegon Dadan Sudarmaji menjelaskan bahwa Kelurahan Kotabumi terpilih sebagai Desa Cantik karena memiliki keunggulan khusus dalam profil kelurahannya. “Secara umum, kelurahan-kelurahan di Cilegon sudah baik dalam kegiatan statistik, namun Kotabumi menunjukkan keunggulan yang membedakannya,” jelas Dadan. 

Diterangkan Dadan, program Desa Cantik bertujuan untuk meningkatkan literasi data statistik.

“Dengan melibatkan agen-agen statistik sebagai penghubung antara BPS dan kebutuhan data di masyarakat maupun pemerintahan, kami berharap dapat mewujudkan standarisasi data statistik yang lebih baik,” terangnya.

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut