get app
inews
Aa Read Next : Kepala BPBD Kota Cilegon Sebut Sampah Penyebab Utama Banjir di Cilegon

Khawatir Banjir Lagi, Warga Minta Kali Cibanten Dinormalisasi

Jum'at, 18 Maret 2022 | 09:57 WIB
header img
Khawatir Banjir Lagi, Warga Minta Kali Cibanten Dinormalisasi (Foto: Istimewa)

SERANG, iNews.id – Warga penyintas banjir yang tinggal di bantaran kali mengkhawatirkan banjir kembali terjadi di wilayahnya. Pasalnya, kondisi sungai Cibanten saat ini semakin lebar dan terjadi pendangkalan.

Salah satu warga Kecamatan Kasemen, Wati, mengatakan sungai Cibanten kini semakin dangkal dan melebar luasnya akibat erosi banjir kala itu. Kalau terjadi banjir lagi warga dirugikan karena banyak harta benda menjadi rusak akibat banjir.

"Sebenarnya saya sama keluarga takut membangun di tanah itu lagi, apalagi sekarang tanah keluarga saya ini semakin dekat sama sungai Cibanten. Ya takut aja banjir bakal datang lagi dan lebih parah dari sebelumnya," ujar Wati, Kamis (17/3/2022).

Menurutnya, pengikisan bibir sungai tersebut sudah terjadi sejak dulu. Namun karena tidak mendapatkan penanganan dari pemerintah, pengikisan terus terjadi hingga saat ini bibir sungai kian mendekat ke pemukiman warga.

“Harapan kami sih ada tindakan dari pemerintah, apakah sungainya dibuat tanggul agar tidak terjadi pengikisan, atau dilakukan normalisasi,” ucapnya.

Serupa disampaikan oleh warga lainnnya, Ros. Ia mengaku selain muncul rasa kekhawatiran bahwa bencana banjir akan terjadi lagi, ia bingung harus membangun rumahnya kembali dimana. Sebab tanah miliknya hampir setengahnya telah terkikis air sungai.

"Gimana lagi kan ya kalau mau bangun lagi rumahnya juga. Orang tanah punya saya ini udah miring, terus hampir setengahnya sudah kebawa air waktu banjir besar kemarin itu," jelasnya.

Lebih lanjut, warga meminta agar sungai Cibanten segera dinormalisasi, banjir tidak kembali terjadi.


Khawatir Banjir Lagi, Warga Minta Kali Cibanten Dinormalisasi (Foto: Istimewa)

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut