get app
inews
Aa Read Next : Seba Baduy 2024 Resmi Dibuka, 40 Ribu Wisatawan Ditargetkan Kunjungi Lebak

Maggot Solusi Atasi Sampah Organik, Jadi Duit Pula

Senin, 21 Maret 2022 | 14:37 WIB
header img
Maggot menjadi solusi tuntas untuk mengatasi sampah organik rumah tangga. Dari sisi ekonomi, beternak maggot dengan protein tinggi menguntungkan, laku dijual untuk pakan burung, ayam, dan ikan (Foto: M Mahfud/iNews)

BEKASI, iNews.id – Sampah anorganik seperti plastik dan kertas menjadi duit, itu bukan hal aneh. Lalu bagaimana sampah organik seperti bekas makanan dan sayuran diubah jadi duit? Ini bisa dilakukan oleh maggot.

Maggot mirip-mirip larva tawon. Ia memiliki tiga fase hidup. Setelah jadi larva, magot bersayap sehingga bisa terbang seperti tawon ngengat. Fase berikutnya adalah telur yang nantinya menjadi larva maggot.

Jika larva tawon makanannya adalah madu, maggot mengonsumsi bahan-bahan organik seperti halnya sisa-sisa makanan manusia.

Larva maggot sangat rakus. Makanannya adalah bahan organik yang bersih. Maka sisa-sisa makanan manusia yang belum membusuk menjadi favoritnya.

“Karena rakus inilah, maggot bisa menyelesaikan persoalan sampah organik di Indonesia,” kata Mulyanto, seorang praktisi maggot dari Jatiasih, Kota Bekasi dalam perbincangan dengan iNews.

Mulyanto bukan profil sembarangan. Ia adalah lulusan Biologi Universitas Jenderal Soedirman. Ia juga memiliki jaringan ritel produk farmasi, Arges Farma.

Maggot seperti halnya larva tawon, kondisinya bersih dan laku dijual untuk pakan burung, pakan ayam, dan pakan ikan.


Kandang maggot (Foto: M Mahfud/iNews)

“Maggot ini bersih karena makanannya sisa-sisa makanan manusia. Jadi jangankan untuk pakan burung, di makan manusia juga tidak apa,” ungkap Mulyanto.

Mulyanto tidak sembarang omong. Ia mengunyah maggot yang sudah disangrai seperti layaknya mengonsumsi udang.

“Proteinnya 40 persen,” kata Mulyanto alumnus Fakultas Biologi Universitas Jenderal Sudirman Angkatan 1992

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut