get app
inews
Aa Read Next : Pemerintah Sepakati Biaya Haji Tahun 2022 Rp39,8 Juta per Jemaah, Ini Rinciannya

Jelang Ibadah Haji 2022, Menag Yaqut: Musim Panas di Saudi Capai 50 Derajat Celsius

Selasa, 24 Mei 2022 | 11:50 WIB
header img
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berpesan kepada jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan jelang keberangkatan haji 1443 H. Sebab, musim panas di Arab Saudi mencapai 44-50 derajat celsius.

"Menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celsius," ujar Yaqut dalam keterangan resminya, Selasa (24/5/2022).

Jemaah, lanjut Yaqut, harus mulai mempersiapkan diri dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan menjelang keberangkatan.

"Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi (dan) suhu udara yang ekstrim. Setidaknya untuk melaksanakan semua proses ibadah dari awal sampai akhir. Itu pesan saya," kata Yaqut.

Yaqut memastikan bahwa kesiapan penyelenggaraan haji sudah berjalan baik, berupa layanan akomodasi, transportasi, katering serta layanan kesehatan selama lima hari di Arab Saudi.

Pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini juga menyarankan kepada jemaah untuk memperdalam manasik haji serta melakukan berbagai persiapan fisik.

"Dalam masa tunggu ini sampai nanti jemaah haji diberangkatkan, persiapan ini penting untuk dilakukan. Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi," pungkas Yaqut.

Diketahui pada musim haji tahun 1443 H ini, pemerintah Indonesia mendapatkan kuota haji sebanyak 100.051 orang dengan pemberangkatan kloter pertama pada 4 Juni 2022 mendatang.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut