get app
inews
Aa Read Next : Kabar Duka, Eeng Saptahadi Menghembuskan Nafas Terakhir Diusia 65 Tahun

Komandan Pertama Denjaka Mayjen TNI Purn Gafur Chaliq Meninggal Dunia

Senin, 06 Juni 2022 | 14:32 WIB
header img
Komandan Pertama Denjaka Mayjen TNI Purn Gafur Chaliq Meninggal Dunia (Foto: Wikipedia)

JAKARTA, iNewsCilegon.id- Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Mayjen TNI Mar (Purn) Gafur Chaliq meninggal dunia, Senin (6/6/2022).

Gafur Chaliq adalah penggagas sekaligus komandan pertama pasukan khusus Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) Korps Marinir pada tahun 1983-1984.

Informasi yang diterima MNC Portal Indonesia, Almarhum Gafur Chaliq meninggal dunia di Unit Gawat Darurat (UGD) RS UKI, Cawang, Jakarta Timur. Almarhum meninggal karena sakit.

"Melaporkan berita duka, telah meninggal dunia Mayjen TNI Mar (Purn) Gafur Chaliq karena sakit di UGD RS UKI Jakarta Timur pada hari Senin tanggal 6 Juni 2022 pukul 09.23 WIB," mengutip informasi dari Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono, Senin (6/6/2022).

Lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan XI tahun 1965 itu lahir di Pontianak, Kalimantan Barat.

Mayjen TNI Mar (Purn) Gafur Chaliq pernah menjabat sebagai Komandan Korps Marinir pada 1992-1994.

Sebelumnya, Gafur juga menjabat sebagai Komandan satuan elit Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir pada 1982-1983.

Ia juga merupakan penggagas Pasukan Khusus TNI AL (Pasusla) yang kini disebut Denjaka Marinir. Dan, Gafur dikenal sebagai sosok Komandan Marinir yang baik.

Almarhum rencananya akan dibawa ke rumah duka di Kompleks TNI AL, Usman Harun F8, Cawang Jakarta Timur.

Keluarga besar TNI AL turut mengucapkan belasungkawa dan duka cita atas kepergian salah satu komandan terbaik Korps Marinir.

"Semoga Alm Mayjen TNI Mar (Purn) Gafur Chaliq Husnul Khotimah, diampuni segala dosa-dosanya dan mendapatkan tempat yang Mulia di Sisi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, kekuatan dan keikhlasan. Aamiin," tutup Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut