get app
inews
Aa Read Next : Rabu Sore, Kasus Covid-19 Tambah 1.985 Orang

IDI Yakin Indonesia Sudah Masuk Fase Endemi Covid-19

Rabu, 08 Juni 2022 | 15:11 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Indonesia saat ini sudah memasuki fase endemi Covid-19, sebab sejumlah indikator epidemiologi telah membaik.  

Hat tersebut dikatakan Ketua Satgas PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban.

Menurutnya situasi Covid-19 saat ini memicu tanggapan beragam masyarakat, apakah Indonesia sudah masuk tahap endemi, masih transisi, atau sudah endemi?

"Apakah Indonesia sudah masuk tahap endemi? Saya akan jawab iya. Kenapa? Karena positivity rate-nya stabil di bawah tiga persen. Keterisian tempat tidur rumah sakit dan angka kematian juga rendah sekali," kata  Prof Zubairi Djoerban di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi-onkologi (kanker) itu menambahkan, selama dua tahun lebih masyarakat Indonesia akrab dengan kata pandemi, dan saat ini mulai akrab juga dengan istilah transisi serta endemi.

"Saat ini, memasuki bulan Juni, angka kasus di Indonesia selalu di bawah 400. Ini bagus sekali. Bandingkan dengan Amerika Serikat yang telah menyatakan endemi, namun kasusnya masih 70.000 kasus per hari," katanya.

Kemudian erkait vaksinasi, Zubairi sasaran kelompok usia dewasa sudah lebih dari 70 persen.

"Usia lanjut kurang sedikit. Booster juga sudah mulai lumayan banyak. Kalau dibandingkan dengan negara lain, cakupan vaksinasi kita juga sudah lumayan bagus," terangnya.

Terakhir, Zubairi mengatakan kalau dibandingkan dengan situasi negara tetangga, posisi kasus di Indonesia masih jauh di bawah Singapura, Malaysia, Australia, apalagi Korea Utara yang saat ini ranking satu dunia.

 

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut