Kunjungi Kota Cilegon, Bupati Mempawah Ingin Belajar Pengelolaan Sampah

Mohamad Hidayat
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Bupati Mempawah Erlina Ria Norsan (helm proyek putih) berada di TPSA Bagendung, Cilegon, Banten, Rabu (14/12/2022). (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Pengelolaan sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) atau Co-Firing di Kota Cilegon masih menjadi daya tarik bagi kota atau kabupaten lain di Indonesia.

Kali ini Kota Cilegon mendapat kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat. Mereka datang ke kota baja tersebut untuk mempelajari terkait mekanisme pengelolaan sampah yang ada di Kota Cilegon.

Kunjungan kerja yang dipimpin Bupati Mempawah Erlina Ria Norsan bersama Wakil Bupati Muhammad Pagi beserta jajaran disambut oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian didampingi ketua TP PKK Kota Cilegon Hany Seviatry beserta Pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon di Rumah Dinas Wali Kota Cilegon, Rabu (14/12/2022).

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengatakan kedatangan Pemerintah Kabupaten Mempawah merupakan sejarah untuk Kota Cilegon, sebab menurutnya terdapat keseriusan dari Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk mempelajari pengelolaan sampah di Kota Cilegon.

"Hari ini sejarah juga buat kota Cilegon karena mendapat kunjungan dari pemerintah Kabupaten Mempawah, ini baru pertama kali ibu bupati dan wakilnya langsung hadir ke Kota Cilegon. Hal ini menandakan keseriusan dari Pemkab Mempawah yang ingin mempelajari sampah serta diskusi perihal masalah yang ada di Mempawah maupun yang ada di Kota Cilegon," kata Helldy.

Pada prinsipnya, sambung Helldy, kita saling bertukar inovasi dimana inovasi yang baik di Mempawah dapat bisa dipraktikan di Kota Cilegon, dan juga apa yang baik di Cilegon bisa juga dipraktikan dan disosialisasikan di Mempawah.

"Sebab kami melihat bahwa peluang dari Mempawah ini sangat besar," tutur Helldy.

Sementara itu, Bupati Mempawah Erlina Ria Norsan menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan yang diberikan Pemkot Cilegon.

"Pertama kami atas nama pemerintah Kabupaten Mempawah mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Cilegon atas penyambutan yang diberikan, Alhamdulillah kami bisa belajar disini dan banyak sekali pengetahuan-pengetahuan yang telah kami pelajari, mudah-mudahan apa yang disampaikan dapat kami tindaklanjuti sepulang dari Kota Cilegon ini," ungkapnya.

Erlina menambahkan jika Pemerintah Kabupaten Mempawah tertarik untuk belajar tentang peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia serta tata kelola Pemerintah Kota Cilegon dalam membuat beragam inovasi yang bermanfaat, salah satunya yaitu tata kelola mengubah sampah menjadi co-firing batu bara.

"Kami belajar terkait bagaimana pengolahan sampah, dan bagaimana meningkatkan SDM, kami juga tadi telah membicarakan tentang permasalahan yang ada di mempawah dimana permasalahan itu diberikannya solusi yang baik dari pemkot Cilegon, oleh karenanya kami ucapkan ribuan terima kasih karena pada hari ini kami dapat berkunjung di Kota Cilegon ini," pungkasnya.

Agenda kunjungan dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung oleh Bupati Mempawah, Wakil Bupati Mempawah dan rombongan yang didampingi Wali Kota Cilegon beserta Pejabat Eselon II lingkungan Pemerintah Kota Cilegon ke TPSA Bagendung untuk mengetahui proses pengelolaan sampah menjadi co- firing batu bara.

Editor : Mohamad Hidayat

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network