get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Apresiasi BBJP, KPK Harap Langkah Cilegon Dicontoh Daerah Lain

Senin, 25 September 2023 | 16:33 WIB
header img
KPK melakukan kunjungan dan monitoring terhadap plant pengelolaan sampah BBJP Kota Cilegon, Senin (25/9/2023). Foto: Diskominfo Kota Cilegon

CILEGON, iNewsCilegon.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kunjungan dan monitoring terhadap plant pengelolaan sampah atau Pabrik Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) Kota Cilegon, Senin (25/9/2023).

Pada kesempatan itu, KPK memberikan apresiasi terhadap langkah Pemkot Cilegon dan menyarankan agar pemerintah daerah lain dapat mencontoh keberhasilan implementasi BBJP di Kota Cilegon.

"Kami berharap apa yang telah dicapai di Kota Cilegon dapat dijadikan acuan oleh daerah lain, sehingga upaya ini dapat terus berkembang dan tata kelola yang berkelanjutan dapat tetap terjaga,” kata Tenaga Ahli Strategi Nasional Pencegahan Korupsi KPK Juhanah  di Ruang Rapat Wali Kota Cilegon, Senin (25/9/2023).

Juhanah menjelaskan, selain melakukan monitoring terhadap pengelolaan sampah, pihaknya juga mendorong perumusan kebijakan yang dapat menghasilkan dampak positif bagi daerah. “Kami melihat, perlu ada intervensi dari Pemerintah Pusat dalam perumusan kebijakan terkait pengelolaan sampah. Hal itu tidak hanya berfokus pada implementasi, tetapi juga pada aspek ekonomi dari sampah,” jelasnya.

Menurut Juhanah, membangun Sumber Daya Manusia yang kuat itu sangat penting sebagai langkah pencegahan korupsi dalam pengadaan barang dan pengelolaan sampah. "Kita harus memperhatikan bagaimana melibatkan semua pihak dan membangun SDM yang kuat dalam upaya ini," tuturnya.

Selain itu, sambung Juhanah, pihaknya juga perlu mendorong kolaborasi antara BUMD dan BUMN untuk memastikan bahwa pengelolaan sampah memberikan kontribusi positif kepada daerah.

"Kami mendorong kolaborasi antara BUMN, seperti PLN, dan BUMD yang berperan dalam pengelolaan pabrik sampah untuk memastikan adanya pendapatan yang berkelanjutan bagi daerah," tambahnya.

Sementara itu, Sekda Kota Cilegon, Maman Mauludi menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kedatangan rombongan KPK dalam rangka melakukan monitoring pabrik sampah BBJP di Kota Cilegon. "Kedatangan rombongan KPK ini adalah sebuah langkah positif untuk kemajuan Kota Cilegon, khususnya dalam pengelolaan pabrik sampah BBJP yang dimiliki oleh kota ini," katanya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut