Tanah Air Gempar! Anak 12 Tahun Hamil, Kepala BKKBN Sampai Turun Tangan

Mada Mahfud
Anak kecil usia 12 tahun yang hamil 34 minggu kini dirawat orang tua asuh dan mendapat pengawasan ketat karena sebulan lagi akan melahirkan. Foto: doc BKKBN

JAKARTA, iNewsCilegon.id – Tanah air gempar dengan kasus anak 12 tahun hamil akibat kekerasan seksual di Binjai, Sumatera Utara. Kepala BKKBN dr Hasto Wardoyo, Sp.O.G sampai turun tangan.

Hasto Wardoyo pun menelepon langsung orang tua asuh dan korban yang didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Binjai Afwan Lubis beserta Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kota Binjai.

Kejadian anak perempuan 12 tahun hamil sungguh tragis. Ia tinggal di areal perkebunan sawit di Sumatera Utara yang terpencil sehingga kehamilan akibat kekerasan seksual baru diketahui pada umur 8 bulan.

Anak perempuan tersebut kini dirawat orang tua asuh, Henny Zega.

Dalam sambungan teleponnya, Hasto menyampaikan terima kasih kepada Henny yang mau merawat dan mengasuh korban. Hasto yang merupakan dokter spesialis kandungan menyampaikan nasehat terkait dengan perawatan ibu dan bayi yang berada dalam kondisi tidak normal.

“Titip perawatannya ya Bu,” kata Hasto.

“Sekarang ini bagaimana si ibu sehat dan bayi yang akan dilahirkan ini selamat,” ujar Hasto.

Menurut Hasto usia kehamilan 34 minggu berarti sebentar lagi akan melahirkan. Ini karena usia 40 minggu sudah masuk masa HPL (Hari Perkiraaan Lahir).

Hasto juga mengkhawatirkan kondisi anak 12 tahun hamil akan berisiko. Ini karena pinggulnya yang kecil dan jalan kelahiran sempit.

”Jauh lebih besar bayi daripada jalan lahirnya. Tidak bisa lahir normal dan sebaiknya cesar,” kata Hasto.

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Binjai Afwan Lubis menyatakan korban sudah diperiksakan kondisi fisik dan kehamilannya oleh dokter spesialis kandungan dan saat ini dalam pemantauan Puskesmas.

Editor : Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network