Kloter 1 Jamaah Haji Tiba di Asrama Haji Embarkasi Jakarta, KKP Berikan Tips Bagi Jamaah

Muhamad Nur Alfiyan
Jamaah Haji kloter 1 DKI jakarta menunggu prosos skrining level-3 oleh KKP Soekarno-Hatta dan pemeriksaan administrasi di gedung serbaguna 2, Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Selasa (23/5/2023). Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Ratusan calon jamaah haji kloter satu asal DKI Jakarta tengah melakukan pelayanan skrining kesehatan level-3 di gedung serbaguna 2 Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Selasa (23/5/2023). Pelayanan Skrining tersebut merupakan pemeriksaan akhir sebelum calon jamaah haji bertolak ke Arab Saudi.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas-1 Bandara Soekarno Hatta Naning, menjelaskan Skrining pemeriksaan kesehatan level-3 ini bertujuan memeriksa kesiapan jamaah.

"Di dalam.pemeriksaan ketiga ini, yang dilakukan KKP adalah menilai jamaah itu layak terbang atau tidak," ujar Naning, kepada awak media di gedung serbaguna dua, Asrama Haji jJakarta, Selasa (23/5/2023).

Beberapa pemeriksaan yang dilakukan oleh KKP ialah melihat status vaksinasi covid dan meningitis sebagai syarat yang ditetapkan oleh pihak Arab Saudi.

"Nah untuk bisa melakukan itu, hal yang pertama dilakukan cek dokumen, melihat status vaksinasi, meskipun pandemi sudah menurun, tapi masih ada persyaratan yang diminta oleh Arab Saudi yaitu vaksinasi paling tidak dosis kedua, setelah itu dilihat vaksinasi meningitis," ucapnya.

Kemudian, Naning menghimbau beberapa tips yang telah dijelaskan pada jamaah haji selama ibadah haji di Arab Saudi.

"Tadi kita sudah membekali temen-temen (jamaah) dengan tips bagaimana antisipasi suhu yang panas. Misalnya, kita sarankan mereka menggunakan masker, karena kita ga tau namanya covid memang landai, tapi kalau ada crowd itu masih ada kemungkinan (penyebaran covid)," ujarnya.

 "kemudian karena suhu panas maskernya dibasahi supaya merek tidak mimisan. Karena suhu panas maka tubuh semakin kering kemudian saya tunjukan dia kantong untuk semprot (bagian tubuh). Tolong mukanya disemprot, tologn badan disempro, minum sesering mungkin, pakai pelindung diri, seperti kacamata, tabir surya,"

Terakhir ia menghimbau jemaat untuk selalu minum agar tidak dehidrasi selama ibadah haji di Arab Saudi.

"Karena informasi yang saya terima itu emreka malas mijum akrwn atakut pipis sementara kalo takut pipis dia dehidrasi, dia ga bisa lanjut (ibadah)," tutupnya.

Editor : Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network