get app
inews
Aa Read Next : Lontarkan Abu Vulkanik hingga 1.000 Meter Aktivitas Gunung Anak Krakatau Terus Mengalami Peningkatan

Waspada! Gunung Anak Krakatau Meletus, Status Siaga Level III

Rabu, 06 Juli 2022 | 15:49 WIB
header img
Waspada! Gunung Anak Krakatau Meletus, Status Siaga Level III (Ilustrasi/istimewa)

CILEGON, iNews.Cilegon.id  - Waspada! Gunung Anak Krakatau meletus pada Rabu (6/7/2022). Ketinggian letusan capai 157 meter. Status Siaga Level III.

Data Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Pasauran Gunung Anak Krakatau, menulis pada pukul 06.00 sampai 12.00 WIB, Rabu, tercatat ketinggian letusan GAK mencapai 157 meter dengan cuaca berawan 25-28 derajat celcius.

Secara visual kawasan gunung api tertutup 0-III dan kawasan kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 25-100 meter di atas puncak kawah.

Kegempaan hembusan terjadi satu kali kejadian dengan amplitudo 13 mm dan durasi 22 detik. Low frekuensi sebanyak 32 kejadian dengan amplitudo 12-37 mm dan durasi 5-13 detik. Sedangkan, tremor amplitudo 2-15 mm, dan amp dominan 2 mm.

Dengan kondisi Siaga level III, nelayan, masyarakat pendaki gunung dan pelaku pelayaran tidak boleh mendekati kawah gunung karena bisa membahayakan.

Mereka hanya direkomendasikan berada lima kilometer dari kawah Gunung yang terletak di perairan Selat Sunda antara Provinsi Banten dan Lampung tersebut.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut