get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

Belajar Soal Sampah di Cilegon, Bupati Pandeglang Puji Prestasi Helldy Agustian

Kamis, 07 Juli 2022 | 17:03 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Bupati Pandeglang Irna Narulita di TPSA Bagendung, Cilegon, Banten, Kamis (7/7/2022) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Dalam hal pengelolaan sampah, Kota Cilegon menjadi pusat perhatian bagi kabupaten atau kota lain di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan sudah banyak kabupaten/kota yang melakukan kunjungan ke kota Baja tersebut untuk belajar mengelola sampah.

Kali ini giliran Kabupaten Pandeglang yang datang ke Kota Cilegon. Kedatangan Bupati Pandeglang Irna Narulita diterima langsung oleh Wali kota Cilegon Helldy Agustian di Rumah Dinas Wali kota Cilegon, Kamis (7/7/2022).

Hadir dalam kegiatan ini, Asda II Pemerintah kota Cilegon, Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon, Penjabat Sekda Kabupaten Pandeglang, Asda II Pemerintah Kabupaten Pandeglang, dan Eselon II di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Helldy mengatakan kunjungan Bupati Pandeglang ini dalam rangka pembelajaran pengelolaan sampah yang dijalankan Kota Cilegon untuk menjadi bahan bakar pendamping batubara.

"Ini merupakan kunjungan kelima kalau tidak salah dari kabupaten/kota di Indonesia yang ingin belajar langsung terkait pengelolaan sampah dari Kota Cilegon," ungkap Helldy.

Siapapun, lanjut Helldy, boleh belajar sampah di Cilegon, kami terbuka lebar untuk itu, karena ilmu ini harus disebarkan agar jadi manfaat. "Insya Allah kalau ini bermanfaat untuk kota lain, maka itu juga berkah untuk kami," ujarnya.

Helldy menjelaskan bahwa Kota Cilegon merupakan kota pertama dan satu satunya yang sudah berhasil atas pengelolaan sampah.

"Kota Cilegon sendiri menjadi kota pertama yang berhasil mengelola sampah menjadi bahan bakar pendamping batubara/co-firing yang bekerjasama dengan PLTU, dan ini patut kita banggakan karena sebenarnya Kota Cilegon ini belum ditunjuk untuk program ini, tapi kita sudah langsung berhasil produksi di saat kota lain masih di tahap penelitian dan pengembangan," tuturnya.


Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menerima kunjungan Bupati Pandeglang Irna Narulita dan rombongan di Rumah Dinas Wali kota Cilegon, Kamis (7/7/2022) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

Helldy berharap Pandeglang juga dapat melakukan hal yang sama dengan CIlegon dalam hal pengelolaan sampah.

"Sebagai sebagai kabupaten/kota yang berada di provinsi yang sama (Banten), Kabupaten Pandeglang dapat juga mengelola sampah di wilayahnya karena Kabupaten Pandeglang merupakan kabupaten/kota yang cocok untuk menjalankan program yang sama karena terdapat PLTU juga di sana di Labuan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pandeglang Irna Narulita memuji Wali Kota Cilegon sebagai pemimpin yang banyak prestasi.

"Kami mengucapkan terima kasih atas sambutannya Pak Wali. Pak Wali ini senior saya dan beliau sudah banyak prestasinya di bidang sebelumnya, Pak Wali ini cocok jadi Gubernur dengan program-programnya yang positif ke masyarakat," katanya.

Saya berharap dengan kedatangannya bisa mendapatkan ilmu untuk diterapkan dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Pandeglang.

"Project ini merupakan project yang pas untuk Kabupaten Pandeglang karena kami memiliki PLTU juga di Labuan, tidak ada kata terlambat untuk mempelajari ini, walaupun ya memang terlambat, tapi Insya Allah, dengan kami belajar kesini kami mendapatkan ilmu sehingga kami yakin kami juga bisa seperti Kota Cilegon yang berhasil mengelola sampah menjadi bahan bakar," terangnya.

Irna mengatakan biasanya sampah dianggap sesuatu yang tidak ada harganya, tapi di Kota Cilegon ini sampah menjadi bernilai, jadi sampah ini juga ternyata bisa jadi sumber pendapatan, bisa jadi cuan. Semoga ini bisa segera kita terapkan di Kabupaten Pandeglang.

"Saya berharap project ini menjadi solusi baru untuk Kabupaten Pandeglang dalam pengelolaan sampah yang selama ini diserahkan kepada pihak swasta, namun belum maksimal untuk pengelolaannya," pungkas Irna sambil melanjutkan perjalanan bersama rombongan menju TPSA Bagendung, Cilegon, untuk melihat proses pengelolaan sampah.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut