get app
inews
Aa Read Next : Cara Cek Keaslian Emas Antam dengan Mudah, Ada yang Palsu Lho!

Tanaman Penghasil Emas Ini Tumbuh Subur di Indonesia, Apa Saja?

Jum'at, 15 Juli 2022 | 16:21 WIB
header img
Jarak pagar (Jatropha curcas) (Foto: Wikipedia)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Indonesia kaya dengan sumber daya alam, termasuk emas dari hasil tambang. Tak hanya itu, ternyata Indonesia juga punya tanaman penghasil emas. Tanaman ini bisa menyerap logam berat yang ada di tanah melalui rantai makanan secara biologis.

Tanaman penghasil emas tumbuh subur di Indonesia dan banyak tersebar di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Papua.

Lalu apa saja tanaman yang disebut-sebut sebagai penghasil emas?

1. Pohon Kayu Putih

Pohon kayu putih mengandung partikel-partikel emas di dalamnya. Para peneliti dari Australia dalam jurnalnya yang dipublikasikan menyebutkan, bahwa partikel emas di pohon kayu putih banyak terdapat pada daun.

Partikel-partikel emas juga terkandung pada ranting dan pohon kayu putih. Para peneliti mengatakan, dibutuhkan setidaknya 500 pohon kayu putih untuk menghasilkan cincin emas.

Pohon kayu putih berasal dari Australia dan saat ini sudah tersebar di Indonesia, terutama di pulau Jawa, Kepulauan Maluku, Kepulauan Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, dan pulau Sumatera.

2. Jarak Pagar

Jarak pagar ternyata punya kemampuan luar biasa, yaitu bisa menghasilkan butiran emas murni. Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB University) membuktikan, bahwa ada pohon emas yang tumbuh di Indonesia. Pohon tersebut terutama tumbuh di daerah yang tanahnya mengandung logam tinggi.

Tanaman tersebut menyerap logam itu disebut dengan hiperakumulator. Pohon ini sebenarnya bukan hanya dapat menyerap emas, melainkan logam mulia lain seperti perak, nikel, dan platinum.

BACA JUGA:

Cara Mudah Hidup Kaya Raya

3. Jamur Merah Muda

Jamur merah muda diklaim memiliki kandungan partikel emas. Jamur ini juga bisa dikatakan sebagai penanda adanya kandungan emas di dalam tanah. Jenis jamur ini ditemukan di Australia Barat. Biasanya ukuran jamur merah muda cenderung lebih besar, hal ini karena tanaman ini berinteraksi dengan emas di tanah.

4. Daun Pandan

Daun pandan memiliki kandungan logam mulia. Bukan hanya emas, tapi berlian. Namun tidak semua jenis daun pandan mengandung partikel emas. Salah satunya daun pandan jenis pandan lilin atau pandanus candelabrum. Pandan lilin berbeda dengan pandan yang banyak tumbuh di Indonesia. Pasalnya, pandan lilin banyak tumbuh di daerah gurun, tepatnya di Afrika.

 

 

 

Editor : Ikawati

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut