get app
inews
Aa Read Next : Jungkir Balik Saham Gojek Tokopedia (GOTO) Usai IPO

Perusahaan Ayam, Dewi Shri Farmindo (DEWI) Melantai di Bursa Hari Ini, Saham Perdana Rp100 per Saham

Senin, 18 Juli 2022 | 08:24 WIB
header img
Calon emiten dengan kode saham DEWI itu bakal menjadi perusahaan tercatat ke-26 di BEI pada tahun ini. Foto: Ilustrasi Antara/iNews.id.

JAKARTA, iNewsCilegon.id - PT Dewi Shri Farmindo Tbk akan melakukan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Senin (18/7/2022). Calon emiten dengan kode saham DEWI itu bakal menjadi perusahaan tercatat ke-26 di BEI pada tahun ini.

Mengutip laman e-IPO, Dewi Shri Farmindo merupakan emiten yang bergerak di bidang budidaya ayam ras pedaging dan perdagangan eceran hewan ternak.

Berdasarkan anggaran dasar perseroan pada 15 Februari 2022, maksud dan tujuan DEWI ialah berusaha di bidang Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan, dan Perdagangan Besar dan Eceran Reparasi Dan Perawatan Mobil dan Sepeda Motor.

Sampai dengan Prospektus diterbitkan, kegiatan usaha utama yang dijalankan DEWI bergerak di bidang budidaya ayam ras pedaging dan perdagangan eceran hewan ternak. Adapun harga IPO ditetapkan Rp100 per saham. Harga tersebut merupakan batas bawah dari kisaran Rp100-110 per saham yang ditetapkan sebelumnya.

Sementara itu, DEWI akan melepas 700 juta saham dengan nilai nominal Rp50 per saham. Jumlah saham yang ditawarkan tersebut setara 35 persen dari total modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah IPO dengan harga penawaran Rp100 per saham.

Dengan demikian, dana hasil IPO yang akan didapat sebesar Rp70 miliar.

Perseroan akan menggunakan hasil dari dana IPO, antara lain untuk pembelian tanah afiliasi sekitar 11,71 persen dari dana IPO atau Rp7,48 miliar; 5,74 persen atau sekitar Rp 3,67 miliar untuk pembelian tanah non-afiliasi seluas 10.773 m2. Kemudian sekitar Rp6,5 miliar atau 10,17 persen untuk pembangunan fasilitas RPA di atas tanah afiliasi; sekitar Rp9,98 miliar atau 15,62 persen untuk pembangunan fasilitas broiler komersial di atas tanah non-afiliasi; dan sisanya untuk modal kerja perseroan, yakni pembelian ayam DOC dan ayam karkas.

Dalam aksi korporasi ini, Dewi Shri Farmindo telah menunjuk penjamin pelaksana emisi efek, antara lain PT KGI Sekuritas Indonesia dan PT Binaartha Sekuritas. Adapun jumlah saham free float DEWI per 12 Juli 2022 sebesar 700 juta saham atau 35 persen yang terdiri jumlah saham yang tidak di-lock up sebesar 700 juta saham atau 35 persen dari saham yang ditawarkan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut