get app
inews
Aa Read Next : Kementan Bantu Pompanisasi Sawah Tadah Hujan di Banten

4 Daerah Dikenal Mistis, Salah Satunya Banten

Jum'at, 02 September 2022 | 11:46 WIB
header img
Atraksi debus asal Banten. Foto: istimewa.

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Kepercayaan animisme telah mengakar sejak dahulu di Indonesia. Hal ini membuat masyarakat Indonesia terbiasa dengan hal-hal berbau mistis dan horor. 

Di Indonesia, ada beberapa kota yang menyimpan legenda yang bersangkutan dengan hal mistis dan itu dipercayai oleh masyarakat lokal.

Melansir dari beberapa sumber, berikut adalah kota-kota yang memiliki sejarah mistis dan dijuluki dengan istilah yang berbau mistis.

1. Banyuwangi - Ilmu Spiritual Tinggi

Banyuwangi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini menjadi kabupaten dengan wilayah terluas di pulau Jawa, yaitu mencapai 30,13 kilometer persegi. 

Kota Banyuwangi dikenal dengan hal-hal berbau mistis. Pada tahun 1998 tersebar informasi adanya pembunuhan yang menggunakan ilmu spiritual.Juga sempat heboh adanya ninja berkostum hitam-hitam yang mengincar tokoh masyarakat termasuk guru ngaji.

Pada tahun tersebut banyak gelandangan dan juga orang gila yang tersebar.  Mereka dipercaya bukan orang gila pada umumnya.

Keanehan ini memunculkan banyak spekulasi di tengah masyarakat. Salah satunya adalah mereka berpikir bahwa itu berkaitan dengan praktik ilmu spiritual.

 

2. Pati - Kota Seribu Paranormal

Masih berada di Pulau Jawa, Kota Pati memiliki julukan sebagai Kota Pensiun, Kota Kacang, dan Kota Gandul. Namun, selain itu, Kota Pati juga dikenal dengan julukan Kota Seribu Paranormal.

Julukan tersebut berkaitan dengan kisah sejarah di kota ini. Sejak zaman Mataram Hindu, masyarakat Pati dikenal sebagai masyarakat yang memiliki ilmu kesaktian.

Selain itu, letak Kota Pati yang dikelilingi oleh makam tokoh-tokoh spiritual yang dipercaya mampu memperkuat aura spiritual masyarakat Pati sehingga kini di Pati dapat ditemukan banyak paranormal tersohor yang memiliki klien dari berbagai kalangan. 

Adapun paranormal tersohor tersebut di antaranya adalah Boss Eddy, Mbak Har, Mbah Roso, Jeng Asih, Sukma Jati, Anisa Dewi, David Gombak, dan Dewi Sedap Malam.

3. Banten - Kota yang Identik dengan Debus

Diketahui di Provinsi Banten banyak masyarakat yang mempelajari ilmu kebal, dengan begitu mereka tidak akan mampu tergores dan terluka oleh senjata tajam.

Selain ilmu kebal, di Banten juga terdapat kesenian debus yang sudah ada sejak puluhan tahun silam.

Mulai pada abad ke-16, tepatnya pada pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin, kesenian debus mulai dikenal masyarakat Banten sebagai kesenian bela diri.

Setelah itu, di masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa, debus digunakan sebagai alat untuk memompa semangat juang rakyat Banten melawan penjajah Belanda pada masa itu.

Berbeda dengan zaman dulu, kini kesenian debus merupakan bentuk gabungan antara seni tari dan suara. Adapun pertunjukan yang dipertontonkan adalah seperti menusuk dan mengiris beberapa anggota tubuh dengan senjata pisau atau golok.

4. Tapaktuan - Kota Naga

Tapaktuan merupakan salah satu kota di Provinsi Aceh yang memiliki cerita menarik yang terkait dengan julukannya sebagai Kota Naga. 

Dahulu ada legenda mengenai naga jantan dan naga betina yang mendiami Tapaktuan. Ternyata kedua naga tersebut berasal dari negeri Tiongkok yang diusir karena tidak memiliki keturunan. 

Namun tak lama, sepasang naga ini memiliki anak perempuan. Setelah beranjak dewasa, ada seorang raja dari Kerajaan Asralanoka yang merasa bahwa anak perempuan dari naga ini merupakan anaknya yang hilang. 

Lalu raja itu meminta sepasang naga untuk mengembalikan putrinya, namun naga menolak permintaan tersebut.

Penolakan tersebut memicu terjadinya perkelahian antara raja dan naga.

Di saat yang sama ada seorang petapa bernama Tuan Tapa merasa terusik atas perkelahian tersebut dan berusaha melerai dengan cara meminta naga mengembalikan anak Sang Raja. 

Namun, naga masih dengan pendiriannya menolak permintaan Tuan Tapa dan menantang Tuan Tapa untuk bertarung dengannya. 

Pada akhirnya perkelahian tersebut dimenangkan oleh Tuan Tapa dan gadis dikembalikan kepada Raja Asralanoka.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut