get app
inews
Aa Read Next : Heboh Air Kran Warga Tercemar Bensin, Lokasi Dekat POM Bensin

Dijual Lebih Mahal dari Pertalite ini 5 Keunggulan Pertamax, Cek Faktanya!

Kamis, 15 September 2022 | 17:51 WIB
header img
Dijual lebih mahal, pertamax miliki sejumlah keunggulan (Foto: Ilustrasi)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Pertamax memang dijual lebih mahal jika dibandingkan Pertalite. Pertamax dijual lebih mahal ketimbang Pertalite bukan hanya sekedar jum lah. Pasalnya jika dibandingkan Pertalite, Pertamax punya banyak kelebihan.

Bahkan sejumlah pabrikan kendaraan tentunya merekomendasikan penggunaan BBM dengan oktan di atas 90 untuk mesin keluaran terbaru.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut 5 keunggulan Pertamax dibandingkan Pertalite.

1. Lebih ramah lingkungan.

Pertama kelebihan pertamax adalah lebih ramah lingkungan. Hal ini disebebkan pembakaran yang lebih baik dan efisien, sehingga emisi gas yang dikeluarkan oleh bahan bakar ini lebih bersih.

Lebih lanjut, emisi gas yang dihasilkan oleh proses pembakaran bahan bakar Pertamax lebih efisien dan memiliki dampak emisi gas buang yang dihasilkan pada proses pembakaran akan jauh lebih rendah.

2. Pembakaran lebih sempurna.

Kelebihan Pertamax selanjutnya, memiliki pembakaran yang sempurna jika dibandingkan dengan jenis bahan bakar mesin lainnya.

Bahan bakar mesin yang memiliki nilai oktan rendah akan lebih lama dalam proses pembakaran bahan bakar minyak di dalam ruang bakar. Proses pembakaran yang memiliki waktu lama akan menimbulkan knocking pada mesin.

Jika angka oktan pada bahan bakar mesin tinggi, maka proses pembakaran di dalam ruang bakar juga akan lebih baik. Alasannya, karena bahan bakar bisa dipadatkan hingga tekanan tertinggi sebelum terkena api dari busi.

Dengan keuntungan Pertamax memiliki nilai oktan yang lebih tinggi dari beberapa bahan bakar mesin lainnya. Hasilnya, pembakaran yang dihasilkan oleh Pertamax akan lebih sempurna.

3. Perawatan lebih mudah

Pertamax membuat proses perawatan kendaraan menjadi jauh lebih mudah. Pertamax tidak memiliki timbal dan memiliki proses pembakaran yang lebih sempurna sehingga klep, head, piston, serta busi sehingga memiliki kadar kerak atau deposit lebih minim.

Jadi jika pengguna kendaraan menggunakan bahan bakar Pertamax, waktu untuk melakukan servis akan berkurang secara otomatis karena proses pembersihan kerak atau deposit yang menempel akan berkurang.

4. Lebih Irit

Pertamax jauh lebih irit dibandingkan dengan pertalite. Hal ini karena sifat Pertamax yang lebih sulit dibakar yang membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran lebih baik.

Hasilnya, bahan bakar mesin akan lebih sulit habis terbakar sebelum kembali pada proses TMA (titik mati atas).

5. Performa lebih agresif

Pertamax memiliki performa mesin yang jauh lebih baik dan agresif dibanding Pertalite.

Bahan bakar Pertamax memiliki tambahan zat aditif yang akan membuat putaran gas pada kendaraan lebih ringan dan beban kerja mesin juga akan jauh lebih ringan.

Bahan bakar Pertamax juga akan mengurangi kandungan deposit dan kerak-kerak yang menempel pada ruang pembakaran, hasilnya dengan kelebihan Pertamax, mobil akan lebih responsif dan performa mesin lebih maksimal.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut