Logo Network
Network

Azyumardi Azra, Cendekiawan Muslim yang Wafat Akibat Serangan Jantung di Malaysia, Ini Sosoknya

Ila Nurlaila Sari
.
Minggu, 18 September 2022 | 13:40 WIB
Azyumardi Azra, Cendekiawan Muslim yang Wafat Akibat Serangan Jantung di Malaysia, Ini Sosoknya
Azyumardi Azra, Ketua Dewab Pers Sekaligus Mantan Rekto UIN Jakarta meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia (Foto: Istimewa).

Cendekiawan muslim ini juga pernah menjadi profesor tamu pada Universitas Filipina dan Universitas Malaya, Malaysia, pada tahun 1997.

Prof Azra juga merupakan anggota Selection Committee of Southeast Asian Regional Exchange Program (SEASREP) yang diorganisir oleh Toyota Foundation dan Japan Center, Tokyo, Jepang antara tahun 1997 dan 1999.

Sejak Desember 2006, Prof Azra menjabat Direktur Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Sebelumnya sejak tahun 1998 hingga akhir 2006, Prof Azra adalah Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dosen Fakultas Adab dan Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (1992 - sekarang), Guru Besar Sejarah Fakultas Adab IAIN Jakarta, dan Pembantu Rektor I IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (1998).

Prof Azra merupakan orang Asia Tenggara pertama yang diangkat sebagai Professor Fellow di Universitas Melbourne, Australia (2004 - 2009), dan anggota Dewan Penyantun (Board of Trustees) International Islamic University Islamabad Pakistan (2004 - 2009).

Dia juga menjadi salah satu anggota Teman Serikat Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan.

Azyumardi Azra wafat meninggalkan satu orang istri dan empat orang anak.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini