3 Besar Daerah dengan Kasus Stroke Tertinggi di Indonesia, Nomor 2 Yogyakarta

M Mahfud
.
Kamis, 22 September 2022 | 22:52 WIB
Kasus stroke terus meningkat setiap tahun. Di Indonesia, kasus stroke tertinggi terjadi di Kaltim, Yogya dan Sulut. Foto: Boldsky/iNews.id

JAKARTA, iNewsCilegon.id – 3 daerah ini kasus strokenya tertinggi di Indonesia. Pertama Kalimantan Timur, disusul Yogyakarta dan Sulawesi Utara. Secara rata-rata nasional, kasus stroke berdasarkan data 2018 sebanyak 10,9 kasus per 1.000 penduduk.

Wakil Sekjen Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki) Dr. dr. Tugas Ratmono, SpS mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Menurut Tugas, angka stroke tertinggi di Indonesia adalah Kalimantan Timur dengan kejadian 14,7 per 1.000 penduduk. Kedua adalah Yogyakarta dan ketiga Sulawesi Utara.

“Data terakhir itu tahun 2018, surveinya dilakukan Kementerian Kesehatan. Belum ada data terbaru lagi,” kata pakar otak nasional tersebut.

“Yang jelas 3 daerah itu angkanya di atas 10,9 kasus yang menjadi rata-rata nasional,” tambah Mantan Kepala Pusat Kesehatan TNI tersebut.

Sedangkan untuk kesuluruhan daerah di Indonesia, angka stroke terendah terjadi di Papua yaitu 4,1 kasus per 1.000 penduduk.

Penanganam stroke di Indonesia

Meningkatnya kasus stroke menurut Tugas Ratmono menjadi perhatian negara. Jumlah fasilitas kesehatan penanangan stroke terus meningkat dari tahun ke tahun. Demikian juga profesi dokter spesialis saraf.

“Di Jakarta ada RS Pusat Otak Nasional,” kata Tugas.

Sedangkan di daerah meski belum ada RS khusus tetapi sudah ada unit-unit penanganan stroke.  “Jadi saya kira upaya ini berkorelasi dengan peningkatan kasus,” papar Tugas Ratmono.

Editor : Mahfud
Bagikan Artikel Ini