get app
inews
Aa Read Next : Bus Untirta Terguling di Lebak Timpa Rumah Warga, Puluhan Mahasiswa Luka-luka

3 Social Experiment Paling Populer di Dunia

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 09:51 WIB
header img
3 "Prank" Terpopuler di Dunia. Foto: Ruangguru

2. The Asch Line Study: Conformity Experiment

Experiment ini mencoba untuk melihat bagaimana seseorang mengubah pikirannya demi menjadi sama dengan yang lain.

Dilakukan oleh Solomon Asch pada tahun 1950-an, partisipan pertama-tama diminta untuk menjawab sebuah pertanyaan sederhana tanpa pengaruh dari orang lain. 99% partisipan mampu menjawab pertanyaan yang diberikan dengan benar.

Selanjutnya, Asch meminta anggota timnya untuk memilih jawaban yang salah dengan percaya diri dan memberitahu kelompok.

Partisipan akhirnya diminta untuk membuat pilihan, mengikuti kata hati mereka meskipun itu berarti memberikan jawaban yang berbeda dari yang lain atau mengikuti jawaban yang salah karena peer pressure.

Penelitian ini menunjukkan bahwa 75% partisipan menjawab salah setidaknya satu kali hanya demi memilih pilihan yang sama dengan kelompok.

3. The Bystander Effect

Pada tahun 1964, tepatnya pada pukul tiga pagi, seorang perempuan bernama Kitty Genovese dibunuh di luar apartemennya yang berlokasi di New York, Amerika Serikat.

Dua minggu kemudian, The New York Times merilis sebuah artikel berjudul “37 Who Saw Murder Didn't Call the Police”. Judul artikel ini cukup menggemparkan dunia karena adanya 37 orang saksi yang tidak mengambil tindakan ketika terjadi peristiwa pembunuhan.

Media mengatakan bahwa orang-orang tersebut sekadar tidak ingin terlibat. Namun, para psikolog ternyata mempunyai penjelasan yang berbeda.

Ketika seseorang sedang berada di tengah keramaian dan menyaksikan tindakan kriminal, ia menjadi salah satu dari beberapa orang yang berpotensi akan melapor kepada polisi.

Tetapi, karena tanggung jawab itu terbagi pada sekelompok orang, setiap individu akan memiliki kecenderungan untuk berpikir: “Ah, orang lain akan melaporkannya”.

Oleh karena itu, lahirlah The Bystander Effect, sebuah pemikiran yang melihat bahwa sebagai bystander, seseorang cenderung menghindari intervensi atau mengambil tindakan ketika dikelilingi oleh orang-orang lain.

Itulah 3 social experiment terpopuler di dunia yang menjawab beberapa pertanyaan sederhana tentang perilaku sosial.

Penelitian di atas telah menyumbang penjelasan ilmiah atas peristiwa yang kita temui dalam kehidupan bermasyarakat dan bermanfaat untuk bidang ilmu sosiologi/psikologi.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut