get app
inews
Aa Read Next : Begini Doa Ketika Bangun dari Tidur, Agar Permintaanmu Dikabulkan Allah SWT

10 Nama Malaikat Dalam Agama Islam yang Wajib Diketahui Beserta Tugasnya

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 12:46 WIB
header img
Malaikat yang diciptakan dari Nur atau Cahaya merupakan makhluk yang paling taat kepada Allah SWT. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Dalam Islam, rukun iman kedua menyebutkan bahwa kita harus mempercayai malaikat-malaikat Allah SWT

Sebagai Muslim yang baik, ada 10 nama malaikat yang wajib kita ketahui. Yaitu:

1. Jibril

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul Allah. Adapun tugas malaikat Jibril berdasarkan Alquran surat As-Syu'ara: 192-193 adalah sebagai berikut, "Dan sesungguhnya Alquran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam dengan perantara Ar-Ruh Al-Amin (Malaikat Jibril)”

2. Mikail

Kita sebagai makhluk Allah di muka bumi ini pasti membutuhkan rezeki. Rezeki yang kita butuhkan bukan hanya uang atau materi, tapi juga berupa kebahagiaan, keluarga, maupun nikmat sehat. Oleh karena itu, Allah mengirimkan kita rezeki melalui malaikat sebagai perantaranya, yakni malaikat Mikail.

3. Israfil

Sebagai umat Islam, hari akhir atau hari kiamat harus diimani dan diyakini. Sebelum kiamat ini terjadi, akan ada pertanda dahulu berupa tiupan sangkakala sebanyak dua kali yang dilakukan oleh malaikat Israfil.

4. Izrail

Tugas dari malaikat Izrail adalah mencabut nyawa manusia. Setiap yang bernyawa pasti akan mati, begitu yang telah tercantum di Alquran. Maka dari itu, kita harus siap-siap memperbanyak amalan kita sebelum bertemu dengan malaikat ini.

5. Munkar

Setiap yang bernyawa tentu akan mati. Saat pencabutan nyawa dilakukan oleh malaikat Izrail, ruh akan pindah ke alam barzakh atau sering kita sebut juga dengan alam kubur.

Di alam ini, kita akan bertemu dengan malaikat Munkar yang bertugas untuk menanyai kita dengan pertanyaan, “Siapa Tuhanmu? Siapa Nabimu? Apa Kitabmu? Dan apa yang kamu kerjakan selama di dunia?”

Editor : Novita Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut