get app
inews
Aa Read Next : Raih KNPI Award 2023, Wali Kota Helldy Apresiasi Peran KNPI Banten untuk Perjuangan Pemuda

Wali Kota Helldy Jabarkan 3 Pedoman Perkuat Kesiapsiagaan Bencana

Kamis, 27 Oktober 2022 | 17:56 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian menyalami petugas Tagana saat memimpin apel Kesiapsiagaan Menghadapi Kontijensi Bencana Tahun 2022 di di depan Kantor Polres Cilegon, Rabu (26/10/2022)(Foto: dok Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian memimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Kontinjensi Bencana Tahun 2022 Daerah Hukum Polres Cilegon di depan Kantor Polres Cilegon, Rabu (26/10/2022).

Dalam arahannya, Helldy menuturkan tiga pendoman untuk memperkuat kesiapsiagaan. "Ada tiga pedoman untuk mempersiapkan kesiapsiagaan, antara lain, tingkatkan kewaspadaan dan kesiapan diri maupun satuan, membangun komunikasi dan sinergitas dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat, dan terakhir tingkatkan kemampuan personel dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, dan melakukan pemeliharaan peralatan yang sudah dimiliki," katanya.

Lebih lanjut, Helldy menyampaikan apel merupakan tahapan penting untuk memastikan kesiapan kelengkapan personel dan perlengkapan sarana prasarana.

"Ini merupakan tahapan penting yang harus dilaksanakan dalam suatu proses manajerial untuk memastikan bahwa kita benar-benar siap baik dari segi kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana yang sewaktu-waktu siap jika diperlukan," ucapnya.

Helldy juga berharap, dengan adanya apel ini dapat dilakukan pengecekan secara mendetail. "Melalui kegiatan apel ini, diharapkan dapat dilakukan pengecekan mendetail, sehingga seluruh rencana yang dirancang dengan matang dapat diimplementasikan secara optimal, dengan itu keamanan dan kenyamanan serta kondusifitas dapat dirasakan oleh masyarakat," ujarrnya.

Helldy juga menambahkan, melalui pelaksanaan apel ini dapat dirumuskan langkah-langkah untuk mengantisipasi bencana.

"Melalui apel ini juga saya mengharapkan dapat dirumuskan dan diterapkan langkah-langkah yang tepat guna untuk mengantisipasi bencana alam yang dapat mengakibatkan bencana industri di Kota Cilegon," katanya.

Menutup sambutannya, Helldy mengajak untuk berdoa agar masyarakat Kota Cilegon dijauhkan dari bencana.

"Mari kita sama-sama berdoa agar masyarakat Kota Cilegon terhindar dari musibah bencana alam, dan semoga pengabdian yang dilakukan ikhlas ini menjadi catatan amal ibadah dihadapan Tuhan," tuturnya.

Apel gabungan ini diikuti oleh Forkopimda Kota Cilegon, Basarnas, Satpol PP, Dishub, Damkar, Tagana Dinsos, PMI, jajaran Puskesmas Daerah Hukum Polres Cilegon, dan Organisasi Masyarakat terkait.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut