get app
inews
Aa Read Next : TikTok Shop Resmi Buka Kembali Hari ini

Program OCBC NISP untuk Dorong Pentingnya Representasi Perempuan pada Dunia Bisnis dan Ekonomi

Jum'at, 04 November 2022 | 12:14 WIB
header img
Program #TAYTB Women Warriors adalah sebuah solusi dan layanan keuangan untuk para pengusaha perempuan dengan menggabungkan kebutuhan individu dan bisnis yang didukung dengan layanan beyond banking. Foto: Istimewa

Dalam kesempatan ini, hadir pula seorang perempuan yang dapat dijadikan inspirasi yaitu Dayu Dara Permata, Founder dan CEO Pinhome (platform jual, beli, dan sewa properti berbasis teknologi). Ya, sebagai seorang perempuan, Dara, begitu ia biasa disapa, pantas dijadikan inspirasi karena mampu masuk ke bidang yang selama ini didominasi kaum pria, properti dan teknologi.

“Di era sekarang ini, tiga hal yang harus kita kuasai. Literasi digital, literasi profesi, dan literasi keuangan. Kalau misalnya selama ini gadget hanya digunakan untuk bermedsos, cobalah lihat aplikasi-aplikasi seperti yang ada di OCBC. Banyak fitur-fitur yang bisa kita manfaatkan, misal mengenai edukasi keuangan ataupun dukungan-dukungan untuk perempuan yang ingin meningkatkan kesejahteraannya. Kesetaraan bisa dicapai kalau perempuan bisa punya akses terhadap finansial,” sebut Dara.

Hadir pula, Adrie Basuki - Entrepreneur and Designer for Zero Waste Process yang berpendapat bahwa sejak kecil harusnya tidak ada pengkotak-kotakkan gender. “Misal kalau perempuan harus bisa jahit, masak, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan mengurus rumah tangga. Padahal perempuan dan laki-laki itu punya skill yang sama dan jika digabung, menjadi luar biasa,” ungkap Adrie.

“Sebagai seorang laki-laki dan kini jadi desainer, bakat menjahit saya justru didapat dari Ayah. Bisnis UMKM itu sangat terbuka luas dari berbagai sektor. Laki-laki atau perempuan, sadari benar bahwa kesempatan itu terbuka lebar. Jadi, jangan mengkotak-kotakkan, lihat kebutuhan masyarakat yang ada, peka dan cerdas menangkap peluang,” sarannya. 

Komitmen Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan

Terus mendukung Indonesia Emas 2045, Bank OCBC NISP berkomitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia salah satunya adalah dengan selalu mendukung perempuan Indonesia melalui program #TAYTB Women Warriors, sebuah solusi dan layanan keuangan untuk para pengusaha perempuan dengan menggabungkan kebutuhan individu dan bisnis yang didukung dengan layanan beyond banking

Melalui program ini, Bank telah menyalurkan kredit sebesar Rp3,0 triliun atau meningkat 38,2% YoY per 30 September 2022. Sementara jumlah wirausaha perempuan sebanyak 1.248 pengusaha, dengan kata lain meningkat sebesar 22,5% yoy.

Bank OCBC NISP terus berkomitmen untuk terus mendukung perempuan berkarya - hal tersebut tercermin pada komposisi karyawan Bank yang 54% diantaranya adalah perempuan. Tak hanya itu, struktur manajemen Bank OCBC NISP juga diwarnai dengan kehadiran perempuan, sebesar 25% dari Dewan Komisaris merupakan perempuan dan dari total Direksi Bank, 44% dari mereka merupakan perempuan. 

#TAYTB Women Warriors 

Program #TAYTB Women Warriors adalah sebuah solusi dan layanan keuangan untuk para pengusaha perempuan dengan menggabungkan kebutuhan individu dan bisnis yang didukung dengan layanan beyond banking.

Program tersebut menghadirkan solusi menyeluruh, termasuk solusi Manage - layanan perbankan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis dimana saja dan kapan saja, bebas biaya transfer online, BI Fast, SKN, dan RTGS. Grow – solusi kredit usaha untuk mengembangkan usaha, dimana nasabah bisa mendapatkan bunga spesial dan gratis biaya admin khusus perempuan, dan solusi Live yang merupakan dukungan beyond banking berupa pembelajaran berkelanjutan dan komunitas bisnis di ruangmenyala.com.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program tersebut kunjungi situs  #TAYTB Women Warriors.  

“Lewat program tersebut, kami ingin meningkatkan literasi dan inklusi keuangan para perempuan di Indonesia. Dengan digital solution, dukungan keuangan, kita buat jembatan- jembatannya agar bisnis mereka tumbuh terus dalam jangka panjang karena ada komunitas dan ada pembelajarannya. Kalau perempuan lebih berperan, akan meningkatkan kesejahteraannya. Ini bukan berbicara keadilan, tapi sebagai langkah cerdas. Bukan hanya setara di tempat kerja tapi juga di rumah. Jika perempuan dan laki-laki saling melengkapi, hasilnya akan luar biasa,” tutup Parwati Surjaudaja.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut