get app
inews
Aa Read Next : Kementan Bantu Pompanisasi Sawah Tadah Hujan di Banten

Mengenal Mama Falak, Sosok Pahlawan asal Pandeglang yang Kerap Didatangi Presiden Soekarno

Kamis, 10 November 2022 | 10:24 WIB
header img
Mama Falak Pahlawan asal Pandeglang, Banten Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Dibesarkan di lingkungan pesantren, menjadi titik awal yang berpengaruh perjalanan KH Tubagus Falak. Sejak kecil Ia sudah mengembara, memperdalam ilmu agama dari Banten hingga Cirebon.

Mama Falak, sebutan masyarakat sekitar, lahir pada tahun 1842 di Pandeglang, Banten. Putra tunggal dari pengasuh Pondok Pesantren Sabi, Kyai Tubagus Abbas bin Mu’min Abdul Hamid.

Nama KH Tubagus Falak harusnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Banten. Salah satu ulama kharismatik, Pejuang kemerdekaan Indonesia yang Gigih melawan penjajah.

Menginjak usianya yang ke-15, tepatnya tahun 1857, untuk pertama kalinya KH Tubagus Falak berangkat ke Makkah menimba ilmu hingga 21 tahun lamanya.

Di Makkah, Ia mempelajari berbagai ilmu dari ulama terkemuka. Seperti ilmu tafsir dari Syekh Nawawi al-Bantani dan ilmu tasawuf dari ulama asal Banten pula, yakni Syekh Abdul Karim.

Selama berada di Makkah, KH Tubagus Falak tinggal bersama gurunya, Syekh Abdul Karim. Selama di Makkah Mama Falak fokus mempelajari ilmu tasawuf dan memperdalam tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah.

Dilansir dari berbagai sumber, dalam Sejarah Perkembangan Islam di Jawa Barat, Syekh Abdul Karim membaiat KH Tubagus Falak untuk menjadi Mursyid (Guru Besar) Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah.

Pada tahun 1878, Mama Falak pulang ke Nusantara dan menyebarluaskan Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah di tanah kelahirannya, Pandeglang.

Sepeninggalan Ayahnya, KH Tubagus Falak mendapat kepercayaan untuk memimpin Pondok Pesantren Sabi Pandeglang.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut