get app
inews
Aa Read Next : Investasi Properti Menjanjikan di Pusat Kota, Metro Cilegon

Qatar dari Negara Termiskin Menjadi Negara Terkaya di Dunia

Sabtu, 26 November 2022 | 11:21 WIB
header img
Qatar setelah merdeka dari Inggris tahun 1971 menjadi negara termiskin di dunia. Namun setelah itu Qatar menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Foto: Visit Qatar

JAKARTA, iNewsCilegon.id Qatar dari negara termiskin menjadi negara Terkaya di dunia. Ada berbagai alasan mengapa Qatar menjadi negara kaya raya.

Padahal, Qatar memperoleh kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1971. Saat itu, Qatar adalah salah satu negara yang memiliki ekonomi termiskin di Timur Tengah. Ekonominya sangat bergantung pada industri perikanan.

Namun selama tiga dekade terakhir, Qatar telah mengubah dirinya menjadi salah satu ekonomi terkaya di dunia.

Aalasan mengapa Qatar negara kaya raya dikarenakan memiliki minyak dan gas alam. Kedua sumber daya alam ini memang berperan besar dalam mengubah Qatar menjadi salah satu ekonomi mewah.

Qatar tidak hanya diberkati dengan sumber daya alam yang kaya seperti minyak dan gas alam, tetapi juga tahu bagaimana menggunakannya secara efektif. dan itulah yang membuat negara mereka kaya raya.

Alasan Mengapa Qatar Negara Kaya Raya

Berikut alasan mengapa qatar kaya raya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Penghasil Minyak

tidak ada keraguan bahwa Qatar tidak akan sekaya saat ini tanpa minyak dan gas alam. Permintaan minyak dan gas alam telah meningkat selama beberapa dekade. ini telah menguntungkan Qatar untuk menjadi ekonomi terkaya di Timur Tengah.

Adapun, ladang minyak pertama ditemukan pada tahun 1940-an. Tapi itu tidak mengubah Qatar menjadi negara mewah. Hingga 1970-an, telah menemukan aset terbesar di negeri ini bernama The North Field. Ladang ini merupakan tempat gas terbesar di dunia.

Namun pada saat itu kebutuhan gas alam tidak banyak karena pada tahun1970-an gas hanya diangkut melalui pipa gas.

2. Hemat Pengeluaran

Memiliki cadangan minyak dan gas yang besar tidak menjamin perekonomian bisa makmur. Qatar tahu bahwa pendapatan minyak sangat fluktuatif, sehingga mulai menabung uang yang diterimanya dari pendapat minyak dan menginvestasikannya di seluruh dunia.

3. Memiliki Investasi Besar

Qatar memutuskan untuk membuat program investasi. Adapun, negara bagian Arab Saudi ini menginvestasikan dana secara internasional untuk mendiversifikasi dan menumbuhkan aset ekonominya di seluruh dunia.

pada tahun 2022, dana investasi Qatar bernilai 360 miliar dolar. ini telah berinvestasi secara global di banyak kelas aset seperti real estat, perusahaan publik, dan mata uang.

Tujuan dari dana kekayaan negara adalah untuk mengasilkan pengembalian yang baik dan menghilangkan ketergantungan pada minyak dan gas alam.

Ini menginvestasikan dana yang diterimanya dari pendapat minyak. Itulah perbedaan antara Qatar dan ekonomi miskin lainnya yang diberkati dengan sumber daya alam.

4. Pengaruh Ekonomi Global

Saat Ekonomi Qatar menjadi lebih kaya dan tumbuh dikarenakan pengaruh global Qatar meningkat. Hal ini menjadi perhatian banyak negara Timur Tengah seperti Arab Saudi dan UEA.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut