get app
inews
Aa
Read Next : Kementan Bantu Pompanisasi Sawah Tadah Hujan di Banten

Horee! Ratusan Ribu Warga Miskin di Pandeglang Cairkan Bansos di Kantor Pos

Kamis, 01 Desember 2022 | 19:16 WIB
header img
Dana Bansos. Foto: Ilustrasi

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - 248.346 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mulai menerima bantuan sosial (Bansos). Pemberian bantuan itu dilakukan secara bertahap dan langsung diterima keluarga penerima.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang Nuriah mengatakan, Bansos yang diberikan kepada warga kurang mampu ini diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Program Sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM). 

"Jumlah KPM penerima Bansos untuk PKH sebanyak 57.941 KPM, Program Sembako 86.119 KPM, dan program BLT BBM sebanyak 104.286. KPM. Bantuan langsung diberikan kepada yang bersangkutan melalui PT POS, bukan melalui perantara atau diwakilkan oleh orang lain," ujar Nuriah. Kamis (1/12/2022).

Nuriah menuturkan, besaran uang bantuan yang diterima masyarakat melalui program BPNT sebesar Rp200 ribu per bulan, BLT BBM sebesar Rp150 ribu per bulan. Sedangkan untuk program PKH besarannya bervariasi. Oleh karena itu, masing-masing PKH yang menerima Bansos akan mendapatkan uang tunai yang berbeda, tergantung dari program mana mereka mendapatkannya. 

"Yang dicairkan bukan untuk satu bulan. Misalnya pada program embako atau BPNT sebesar Rp200 ribu dikali tiga bulan. Kemudian program BLT BBM sebesar Rp150 ribu dikali dua bulan. Sedangkan program PKH tergantung komponennya karena PKH ini variatif," kata Nuriah.

Untuk pencairan, lanjutnya, sudah dilakukan secara bertahap, bansos provinsi sudah selesai dilaksanakan, sementara untuk Kabupaten baru dua kecamatan yang sudah melakukan pencairan bansos.

"Provinsi Alhamdulillah sudah beres, untuk kabupaten baru 2 kecamatan yaitu Cadasari dan Cibitung yang lainnya insya allah menyusul, sementara untuk pusat proses pencairan masih berjalan hingga 5 Desember 2022," terangnya.

Nuriah menjelaskan, bahwa program Bansos itu diberikan bagi warga kurang mampu sebagai stimulan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Selain itu, Bansos juga bertujuan membantu meringankan beban masyarakat yang hidup dibawah garis kemiskinan atau kurang mampu, Semoga Bantuan ini bermanfaat dan fapat meringankan beban masyarakat yang tdk mampu ," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut