Logo Network
Network

Bikin Otak Cerdas hingga Otot Kuat, Ini Segudang Manfaat Telur Bebek untuk Tubuh

Ila Nurlaila Sari
.
Minggu, 29 Januari 2023 | 11:43 WIB
Bikin Otak Cerdas hingga Otot Kuat, Ini Segudang Manfaat Telur Bebek untuk Tubuh
Manfaat Telur Bebek untuk tubuh. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Dibanding telur ayam, telur bebek dinilai lebih bergizi. Dengan nutrisinya yang melimpah, telur bebek menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan. 

Telur bebek mengandung beragam vitamin dan mineral, khususnya vitamin B12 yang dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah, sintesis DNA, dan menjaga fungsi saraf.

Maka tak heran telur bebek menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan yang sama banyaknya seperti nutrisinya. Dilansir iNewsCilegon.id dari WebMD, berikut manfaat telur bebek untuk tubuh.

1. Melindungi dari infeksi

Para peneliti telah mengidentifikasi beberapa senyawa dalam putih telur bebek yang bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. 

Bagian putih telur bebek dan jenis telur lainnya mengandung banyak protein sehingga dapat memberikan perlindungan dari infeksi.

2. Mendukung kesehatan otak

Dalam kuning telur bebek terdapat lesitin dan kolin.

Kolin adalah nutrisi yang penting untuk membran sel yang sehat, otak, neurotransmitter, dan sistem saraf.

Sebuah penelitian pada sekitar 2.200 orang dewasa menunjukkan bahwa kadar kolin yang tinggi dalam darah dikaitkan dengan fungsi otak yang lebih baik.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Studi terbaru menunjukkan bahwa vitamin B dapat meningkatkan kesehatan kulit. Misalnya, vitamin B12 dalam telur bebek dapat mengurangi jerawat, mengatasi kulit kering, dan mengurangi peradangan.

5. Mengandung antioksidan

Karotenoid dalam kuning telur bebek adalah karoten, cryptoxanthin, zeaxanthin, dan lutein yang terkait dengan penurunan risiko degenerasi makula terkait usia, penyakit jantung, dan katarak.

Kuning telur bebek mendapatkan warna oranye dari pigmen alami yang disebut karotenoid. Ini adalah senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan oksidatif.

6. Membentuk otot

Telur bebek menawarkan lebih banyak protein dibandingkan telur ayam. Protein dapat membantu membangun otot tanpa lemak, mempertahankan berat badan yang sahat, dan memulihkan fisik dari cedera.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini