get app
inews
Aa Read Next : Dinkop Cilegon Bagikan Sertifikat MD BPOM dan Hasil Uji Umur Masa Simpan

Kota Cilegon Masuk Nominasi Paritrana Awards

Jum'at, 17 Februari 2023 | 10:42 WIB
header img
Land Mark Kota Cilegon (Foto: Mohamad Hidayat/iNewsCilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon ternyata menjadi satu-satunya kota di Provinsi Banten yang masuk nominasi Paritrana Awards 2023.

Penghargaan terkait implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan itu tengah dalam proses penilaian dari tim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Provinsi Banten dan telah menyimpulkan tiga nominasi, yakni Kota Cilegon, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Pandeglang.

Plt Kepala Disnaker Kota Cilegon Panca Nugrahestianto Widodo mengatakan pihaknya telah mendapatkan informasi terkait tiga nominasi tersebut langsung dari BPJS Provinsi Banten.

“Pak Wali (Helldy Agustian-red) telah memaparkan program-program yang dapat mendukung terkait jaminan sosial ketenagakerjaan di Tangerang. Alhamdulillah, hasil dan responnya sangat baik dari BPJS. Cilegon menjadi satu-satunya kota madya di Banten yang masuk nominasi itu, karena dua lainnya itu kabupaten,” kata Panca dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Kamis (16/2/2023).

Menurut Panca, pihaknya berharap Paritrana Awards itu dapat memperkokoh kerja sama dan hubungan pemerintah daerah dengan BPJS. “Prinsip dasarnya adalah bagaimana kita memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, dalam hal ini melalui program jaminan social ketenagakerjaan. Hal itu sejalan dengan arahan pak wali kota,” tuturnya.

Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Disnaker Kota Cilegon Achmad Izudin menambahkan, beberapa potensi jaminan sosial ketenagakerjaan yang dapat mendukung kerja sama dengan BPJS di Kota Cilegon di antaranya adalah para RT/RW, marbot masjid, para kader Posyandu dan lainnya.

“Akumulasi potensi itu ada sekitar 65.000 orang dan pak wali kota sudah menyiapkan untuk 35.000-an orang. Iurannya kan Rp 16.500 perorang. Kelompok masyarakat yang berpotensi itu adalah mereka yang mendapatkan honor dari pemerintah,” tambahnya.

Dijelaskan Izudin, pihaknya akan terus berinovasi agar program-program di Disnaker memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, termasuk kebutuhan BPJB ketenagakerjaan.

“Ke depan, kami akan pikirkan untuk masyarakat yang ikut pelatihan atau yang menjadi imigran di luar negeri. Sebab, pesan pak wali kota itu penekanannya ada dua yakni peningkatan kualitas SDM dan ekonomi,” katanya.

Diketahui, Paritrana Award merupakan program pemerintah yang diinisiasi Kemenko PMK, Kemendagri, Kementerian Ketenagakerjaan, serta BPJS ketenagakerjaan guna mengapresiasi Pemda, dan pelaku usaha mendukung implementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut