get app
inews
Aa
Read Next : Warga Keluhkan Pengerjaan Beton di Jalan Labuan Pandeglang yang Dinilai Lambat

Hasilkan 8 Ribu Ton Per hari, Bupati Pandeglang Berharap Pabrik Porang Dongkrak Ekonomi Petani

Rabu, 22 Februari 2023 | 11:17 WIB
header img
Bupati Pandeglang berharap keberadaan Pabrik Porang di Panimbang bisa mendongkrak ekonomi petani dan warga. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Keberadaan pabrik porang di Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, yang mampu hasilkan ribuan ton porang diharapkan Bupati Pandeglang Irna Narulita mampu mendongkrak perekonomian petani dan warga.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pandeglang Suaedi Kurdiatna mengatakan, pabrik pengolahan porang ini sudah siap dioperasikan, dan Diskoperindag Pandeglang sudah membentuk 25 Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk budi daya porang.

“Dalam musim panen porang ini menghasilkan sekitar 8 ton perhari, dan untuk musim tanam kita bisa menghasilkan 8 ribu ton dari 25 IKM yang tersebar di 14 Kecamatan,” ujar Suaedi. Selasa (21/2/2023).

Sementara itu, dalam kesempatan peninjauan tersebut, Bupati Irna Narulita berkomitmen menjadikan Kabupaten Pandeglang menjadi sentra budi daya porang.

“Kami sudah melakukan peninjauan pabrik pengolahan porang ini, mulai dari pelaksanaan pembangunan hingga bagaimana proses pengolahanya," kata Irna.

Irna menuturkan, permintaan pasar terhadap porang ini sangat tinggi, karena bisa dimanfaatkan untuk menjadi salah satu produk unggulan, tentu saja permintaan pasar yang cukup tinggi ini harus kita budidayakan guna meningkatkan perekonomian para petani.

Ia menambahkan, hadirnya pabrik pengolahan porang, tentu saja memberikan harapan besar kepada para petani dalam meningkatkan ekonomi, karena menurutnya, pengolahan porang ini terbentuk dari hulu hingga ke hilir.

“Dengan hadirnya pabrik pengolahan porang ini, para petani porang yang ada di Kabupaten Pandeglang tidak lagi harus menyuplai porang dari daerah lain, kini kita sudah mempunyai pabrik pengolahan sendiri,“ tutup Irna.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut