Logo Network
Network

Gairah Belanja Akhir Tahun, 42 Persen Masyarakat Mulai Berwisata

Mohamad Hidayat
.
Senin, 27 Desember 2021 | 15:41 WIB
Gairah Belanja Akhir Tahun, 42 Persen Masyarakat Mulai Berwisata
Ilustrasi Wisata di pantai

JAKARTA, iNews.id  - Berbeda dengan akhir tahun 2020, belanja libur akhir tahun 2021 menunjukkan trend positif terutama pada pariwisata dan perjalanan. Setidaknya 42 persen masyarakat sudah merencanakan liburan akhir tahun dengan anggaran lebih besar dari akhir tahun 2020.

Optimisme ini ditangkap oleh perusahaan riset SurveySensum dalam ‘SurveySensum 2021 Holiday Shopping Trends Report'.

“Riset berkelanjutan kami tahun ini menemukan bahwa terdapat lebih banyak masyarakat yang akan bepergian di akhir tahun. Kenaikannya hingga 8 persen dari 34 persen di akhir tahun 2020. Dari segi anggaran pun naik 4 persen secara umum.” kata  kata  CEO SurveySensum & NeuroSensum Rajiv Lamba, melalui rilisnya, Senin (27/12/21).

Masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin penuh bahkan menaikkan anggaran perjalanan mereka sekitar 7 persen, terlebih kalangan menengah atas yang rata-rata menambah 11 persen anggaran wisatanya.

Sebaliknya, masyarakat yang belum vaksin atau baru satu kali vaksin, cenderung menahan diri bepergian. Kalaupun ada yang bepergian, anggarannya menurun 8 persen dari tahun lalu.

SurveySensum 2021 Holiday Shopping Trends Report melakukan wawancara kepada 500 responden di 5 kota besar di Indonesia tentang bagaimana mereka akan menghabiskan musim Libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Survei dilakukan sepanjang bulan Desember minggu pertama dan kedua saat mereka tengah merencanakan perjalanan akhir tahun.

Rajiv mengatakan ini adalah tahun ketiga SurveySensum melakukan studi melacak dinamika belanja masyarakat. Tahun lalu, hanya 34 persen masyarakat yang merencanakan berwisata, bahkan cenderung mengencangkan ikat pinggang.

"Tahun ini, sekitar 70 persen masyarakat yang berencana bepergian mengungkapkan mereka lebih percaya diri untuk bepergian lantaran meluasnya jangkauan vaksin. Selain itu, 60 persen masyarakat meyakini tempat tujuan mereka sudah mengimplementasikan protokol kesehatan dengan baik," kata Rajiv Lamba.

Editor : Mumpuni Malika

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini