get app
inews
Aa Read Next : Payudara jadi Kencang dan Indah Cukup Modal Lidah Buaya, Begini Caranya

Baru Tahu! Nanas Ternyata Baik untuk Payudara, Yuk Simak Ulasannya

Rabu, 08 Maret 2023 | 08:25 WIB
header img
Nanas baik untuk payudara. Foto Ilustrasi: istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Nanas merupakan buah tropis yang cukup populer di tanah air. Buah dengan ekor berduri ini kaya air dan memiliki rasa manis juga asam, sehingga enak dimakan kapan saja. Tapi tahu kah kamu? Nanas ternyata baik lho untuk kesehatan payudara.

Sebagian perempuan khususnya ibu hamil memilih untuk menghindari buah nanas dengan alasan, mengkonsumsi nanas dipercaya bisa menggugurkan kandungan pada ibu hamil. 

Selain itu, nanas juga bisa memicu alergi yang disertai gejala gatal, bengkak di mulut, reaksi kulit, asma, dan hidung tersumbat atau berair. Namun, di sisi lain, nanas ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan, khususnya bagi perempuan. 

Apa sajakah manfaat buah nanas bagi kesehatan? Dilansir iNewsCilegon dari berbagai sumber, Berikut ulasannya.

1. Suplai nutrisi selama hamil

Belum ada bukti secara ilmiah yang menunjukkan nanas berbahaya untuk kehamilan. Namun faktanya, nanas bisa memberikan tambahan nutrisi yang baik untuk ibu hamil.  

Nanas memberikan tambahan asupan tembaga untuk ibu hamil. Sekedar info, tembaga berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.  

Selama masa kehamilan, kebutuhan asupan tembaga meningkat menjadi 1 mg per hari untuk mendukung peningkatan aliran darah yang terjadi selama kehamilan.  

Selain itu, tembaga juga dibutuhkan untuk perkembangan jantung, pembuluh darah, serta sistem kerangka dan saraf bayi. Dalam satu cangkir (165 gram) nanas potong dadu memenuhi sekitar 18% nilai harian kebutuhan tembaga selama kehamilan.  

Nanas juga mengandung beberapa vitamin B yakni tiamin, piridoksin, dan folat. Vitamin B secara umum adalah kunci untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda. 

2. Cegah kanker   

Kanker payudara adalah jenis kanker yang umum menyerang perempuan. Nanas mengandung bromelain, enzim yang memiliki efek antikanker, terutama dalam kaitannya dengan kanker payudara.  

Hasil penelitian tabung reaksi dan hewan, menunjukkan efek bromelain cukup menjanjikan dalam mengobati kanker payudara. Namun, penelitian pada manusia dibutuhkan untuk memastikan efektivitasnya. 

3. Cegah osteoporosis  

Perempuan berisiko mengembangkan osteoporosis empat kali lebih tinggi dibandingkan laki-laki.  

Osteoporosis bisa dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari. Fakta menunjukkan asupan vitamin C yang cukup dihubungkan dengan kepadatan massa tulang yang lebih tinggi dan mencegah osteoporosis dan patah tulang.  

Sebuah ulasan dari 13 penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya vitamin C memiliki risiko osteoporosis yang lebih rendah dan insiden patah tulang pinggul 34% lebih rendah.  

Asal tahu saja, dalam 165 gram nanas yang dipotonbg dadu mengandung 88% nilai harian untuk vitamin C. Dalam ukuran yang sama, nanas menyediakan 5% nilai harian magnesium yang juga berkontribusi pada kekuatan tulang. 

Demikian ulasan mengenai buah Nanas yang baik untuk kesehatan payudara. Jangan lupa, makan nanasnya jangan berlebihan ya. Semoga bermanfaat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut