get app
inews
Aa Read Next : Awas! Jangan Pencet Jerawat di Area Ini, Sangat Berbahaya

Mandi Malam Ternyata Penyebab Rematik, Inilah 4 Aktivitas Berbahaya Menyebabkan Rematik

Kamis, 17 Agustus 2023 | 09:20 WIB
header img
Penyakit rematik paling sering menyerang persendian di tangan, pergelangan tangan, kaki, dan lutut. Foto: Ilustrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Rheumatoid arthritis atau dikenal Rematik adalah kondisi peradangan pada persendian yang disebabkan oleh gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan Anda sendiri.

Penyakit rematik paling sering menyerang persendian di tangan, pergelangan tangan, kaki, dan lutut. Bahkan, kondisi ini dapat merusak organ lain, seperti jantung, paru-paru, sistem saraf, ginjal, kulit, dan mata.

Salah satu penyakit rematik sering dialami oleh orang lansia. Namun, penyakit ini juga bisa dialami oleh dewasa muda, remaja, bahkan anak-anak. Sementara wanita diketahui lebih berisiko mengalami rematik dibanding pria.

Adapun aktivitas yang tidak boleh dilakukan oleh penderita penyakit rematik. Alasannya adalah jika aktivitas ini dilakukan bisa memperparah gejala rematik. Lantas, apa saja aktivitas berbahaya yang tidak boleh dilakukan oleh penderita penyakit rematik? Berikut adalah beberapa aktivitas berbahaya yang tidak boleh dilakukan oleh penderita penyakit rematik, disimak bawah ini ya!

1. Mengangkat Beban Berat

Aktivitas larangan rematiki adalah mengangkat beban berat. Pasalnya, mengangkat beban berat akan membuat persendian bekerja lebih keras. Jika sendi terbebani maka rematik akan semakin terasa menyakitkan.

Rematik merupakan rasa sakit pada seni Saat Anda mengangkat benda berat, persendian bergerak dan bergesekan sehingga menyebabkan rematik yang menyakitkan. Selain itu, saat mengangkat benda berat, persendian juga akan menopang beban.

Saat tulang bekerja sendi juga akan bekerja. Oleh sebab itu sebaiknya penderita rematik tidak mengangkat beban berat diluar kemampuannya.

2. Merokok

Memang merokok ini ada hubungannya dengan persendian, sayang sekali jika masyarakat luas tidak menyadarinya. Zat pada rokok bisa menyebabkan tulang rapuh sama halnya dengan zat rokok membuat gigi menjadi rapuh.

Maka dari itu, orang yang terkena rematik sangat disarankan untuk tidak merokok karena akan memperparah gejala rematik dan menyebabkan rematik menjadi kambuh. Rokok pun menyebabkan berbagai macam penyakit kronis lainnya yang tidak bagus untuk kesehatan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut