get app
inews
Aa Read Next : Puskesmas Cilegon Gelar Pra Survei Reakreditasi: Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Ampuh Atasi Ejakulasi Dini, Ini 5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Senin, 05 Juni 2023 | 09:56 WIB
header img
Manfaat cengkeh, ampuh atasi ejakulasi dini. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Cengkeh merupakan tanaman asli Indonesia yang biasanya digunakan sebagai campuran tembakau dan pelengkap bumbu masakan. Namun, ternyata cengkeh yang memiliki nama latin Syzygium aromaticum ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan

Lalu Apa saja manfaat cengkeh untuk kesehatan?

5 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber berikut 5 manfaat cengkeh untuk kesehatan.

1. Atasi Ejakulasi Dini

Cengkeh diketahui dapat membantu mengatasi masalah ejakulasi dini. Sebuah studi dalam jurnal Traditional and Integrative Medicine pada tahun 2021 menyebutkan, bahwa gel cengkeh  memiliki manfaat dalam mengatasi masalah ejakulasi dini secara alami. 

Penggunaan gel cengkeh dapat membantu meningkatkan kontrol ejakulasi dan meningkatkan kepuasan seksual.

2. Tingkatkan Gula Darah

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Medicinal Food pada tahun 2017 menemukan, bahwa ekstrak cengkeh dan senyawa nigericin yang terdapat dalam cengkeh dapat meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, sekresi insulin, dan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin. 

Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk memindahkan gula dari darah ke dalam sel. Dalam kombinasi dengan pola makan seimbang, manfaat cengkeh dapat membantu menjaga kadar gula darah yang stabil.

3. Cegah Infeksi

Cengkeh juga memiliki kemampuan menghambat perkembangan bakteri dan mencegah infeksi. Sebuah penelitian dalam jurnal Food Microbiology pada tahun 2021 menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh memiliki kemampuan membunuh bakteri E. coli yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti kram perut, diare, dan kelelahan. 

Selain itu, cengkeh juga dapat melawan bakteri Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan masalah kulit dan gangguan pernapasan.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut