Logo Network
Network

Wali Kota Cilegon Minta Industri Dukung Perbaikan Jalan Lingkar Selatan

Mohamad Hidayat
.
Rabu, 15 Maret 2023 | 13:24 WIB
Wali Kota Cilegon Minta Industri Dukung Perbaikan Jalan Lingkar Selatan
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meminta industri mendukung perbaikan Jalan Lingkar Selatan (JLS) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id  - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian meminta kalangan industri untuk membantu dan mendukung perbaikan Jalan Lingkar Selatan (JLS).

Permintaan itu disampaikan sebagai langkah untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang melintas, terlebih jalur tersebut akan menjadi jalan alternatif untuk menyeberang ke Pulau Sumatra melalui Pelabuhan Indonesia (Pelindo) yang berada di kawasan Ciwandan pada arus mudik Lebaran 2023.

“Saya minta kepada seluruh industri untuk membantu serta mendukung perbaikan JLS. Sebab, jalan tersebut akan dilalui untuk arus mudik lebaran nanti,” kata Helldy saat Rapat Persiapan Arus Mudik Lebaran 2023 bersama Kepolisian dan Kalangan Industri di Aula Setda Kota Cilegon, Senin (13/3/2023).

Diketahui, Rakor tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat sebelumnya yang dilakukan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kota Cilegon pada Selasa (7/3) sebagai respons dari hasil rapat bersama Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi pada Senin (6/3).

Menurut Helldy perhitungan anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan JLS mencapai Rp2,2 miliar. “Saya ingin H-4 lebaran ruas jalan di Kota Cilegon, khususnya JLS sudah bagus, sehingga pemudik yang akan melewati jalur tersebut merasa nyaman,” tuturnya.

Dalam upaya mensukseskan proses perbaikan JLS, Helldy berpendapat bahwa perlu dibuatkan tim khusus.

“Kita harus membuat tim khusus untuk mendata industri yang terdapat di JLS agar perbaikan jalan dapat berlangsung secara maksimal, karena perbaikan ini merupakan perintah dari Pemerintah Pusat dan juga untuk kepentingan masyarakat Kota Cilegon. Industri yang kendaraannya sering melalui JLS harus tegas dalam memberikan kontribusinya untuk perbaikan JLS ini,” ungkap Helldy.

Dijelaskan Helldy perbaikan JLS itu bersifat sementara dalam rangka menghadapi arus mudik Lebaran 1444 Hijriyah. “Nanti jalan tersebut akan diperbaiki sepenuhnya menggunakan anggaran dari pemerintah pusat yang sudah kita dorong agar membantu perbaikan JLS. Pemerintah pusat akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp127 miliar untuk memperbaiki JLS,” jelasnya.

Sementara itu, Asda II Pemkot Cilegon Dzikrie Maulawardana mengatakan bahwa tim khusus sudah dibuat. "Kami telah membuat tim forum industri peduli JLS. Jadi, sesuai instruksi Pak Wali Kota (Helldy Agustian-red) forum ini sudah dibuat agar perbaikan JLS ini juga bisa maksimal. Setiap industri juga agar membuat group/tim perbaikan JLS biar semuanya sinkron,” katanya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.