Logo Network
Network

Eksekutif Perusahaan Perlu Memiliki Pemahaman dan Kompetensi Iklim, ICSP-NCCR-KADIN Gelar Pelatihan

Novi
.
Jum'at, 17 Maret 2023 | 06:39 WIB
Eksekutif Perusahaan Perlu Memiliki Pemahaman dan Kompetensi Iklim, ICSP-NCCR-KADIN Gelar Pelatihan
Shinta W. Kamdani, Wakil Ketua Umum KADIN Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Wakil Ketua Umum KADIN Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri, Shinta W. Kamdani mengatakan bahwa eksekutif perusahaan di Indonesia perlu memiliki pemahaman dan kompetensi iklim.

Hal inilah yang melatarbelakangi Perkumpulan Praktisi Keberlanjutan Bersertifikat atau lebih dikenal dengan Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP) dengan National Center for Corporate Reporting (NCCR) bersama Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, pada Kamis, 16 Maret 2023 kemarin menggelar pelatihan perdana untuk eksekutif dan pimpinan perusahaan mengenai standar dan praktik terbaik dalam pelaporan kinerja iklim perusahaan, yakni Task Force on Climate-Related Financial Disclosures (TCFD).

Pelatihan yang dihadiri oleh perwakilan dari berbagai perusahaan dan industri ini bertujuan meningkatkan kompetensi eksekutif perusahaan mengenai pengungkapan informasi keuangan, pemetaan risiko, dan peluang usaha terkait perubahan iklim, serta memberikan panduan dalam mengimplementasikan rekomendasi TCFD di perusahaan mereka.

"Pelatihan ini bertujuan untuk membangun kompetensi senior management mengenai iklim dan bagaimana risiko, dampak, serta peluang dari perubahan iklim tersebut dapat terintegrasi dengan corporate strategic planning dan perencanaan keuangan perusahaan sehingga mampu memfasilitasi adaptasi dan ketangguhan bisnis di Indonesia terhadap climate change,” tandas Shinta dalam pembukaan acara pelatihan eksekutif tersebut.

Pelatihan ini juga melibatkan pakar karbon dan fasilitator tamu, tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari Singapura untuk berbagi pengalaman mengenai implementasi TCFD oleh perusahaan-perusahaan di Singapura.

Sebagai informasi, TCFD merupakan inisiatif internasional yang dibentuk oleh Financial Stability Board (FSB) untuk mendorong pengungkapan yang konsisten dan transparan mengenai risiko dan peluang keuangan terkait iklim oleh perusahaan. 

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.