get app
inews
Aa Read Next : Kepala BNPT Harapkan Sarjana Komunikasi Inisiasi Cara Berkomunikasi Aman di Era Digital

Sambut Bulan Ramadhan di Cilegon, Kepala BNPT RI Ungkap Jasa Ulama dalam Kemerdekaan RI

Senin, 20 Maret 2023 | 20:43 WIB
header img
Kepala BNPT RI dalam acara Maulid Akbar & Tausiyah Kebangsaan di Cilegon untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H. Foto: doc BNPT RI

CILEGON, iNewsCilegon.idBulan Ramadhan 1444 Hijriah segera tiba. Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH mengungkapkan jasa para ulama dalam kemerdekaan Republik Indonesia.

Boy Rafli menyatakan hal tersebut saat menyambut bulan suci Ramadhan di Cilegon, Minggu (19/3/2023) dalam acara yang diprakarsai Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa (YHPB). Acara bertajuk Maulid Akbar & Tausiyah Kebangsaan.

Menurut Boy Rafli dalam menggalang perjuangan kemerdekaan RI, para ulama mengumandangkan semboyan hubbul wathon minal iman. Artinya cinta tanah air adalah bagian dari iman.

Dengan semboyan tersebut, para ulama dan santri bersama rakyat Indonesia berperang melawan penjajah.

”Itulah karakter para ulama Indonesia yang mengajarkan kita untuk menegakan prinsip hubbul wathon minal iman,” kata Boy Rafli.

”Setiap penjajah, kolonialisme, imperialisme, musuh negara, maka harus dilawan dengan semangat nasionalisme, membangun semangat kecintaan kepada negara,” tambah Boy.

Warisan besar para ulama tersebut, tegas Boy, harus terus dijaga. Pasalnya kini marak penyebaran  virus intoleransi radikal terorisme.

"Berkaitan virus intoleransi radikal terorisme mohon kita cegah agar tidak berkembang di tengah-tengah kita," terang Boy.

Mantan Kepala Divisi Humas Polri tersebut juga mengungkapkan fakta bangsa Indonesia yang beraneka ragam. Selain terdiri dari ribuan suku, negara juga mengakui 6 agama.

"Setiap umat beragama berhak untuk menjalankan ibadah agama sesuai dengan syariat agamanya masing-masing. Oleh karena itu tidak lupa kita saling mengingatkan untuk bertoleransi," kata Boy Rafli.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut